FOTO BERSAMA - Kegiatan gerakan gemar makan sayur dan buah diikuti berbagai Paud/TK se Kota Palu, salah satunya TK IT Pelita Hati didampingi Rabiatul Adawiah S.Pd dan Ria Nofanti S Lungka yang berlangsung di Dinas Pangan Sulteng Jalan Moh Yamin Palu, Rabu, 24 April 2019. (Foto: Ist)

Palu, Metrosulawesi.id – Pemprov Sulteng melalui Dinas Pangan menyelenggarakan kegiatan gerakan gemar makan sayur dan buah bagi anak Paud/TK di daerahnya. Sekitar seratusan anak Paud/TK se Kota Palu berpartisipasi mengisi kegiatan yang berlangsung di Dinas Pangan Sulteng Jalan Moh Yamin Palu, Rabu, 24 April 2019.

Kepala Dinas Pangan Sulteng Abdullah Kawulusan mengatakan, gerakan gemar makan sayur dan buah bagi anak Paud/TK bertujuan untuk memberikan motivasi kepada anak-anak agar suka dan mau mengkonsumsi buah dan sayur sejak dini.

“Sayur dan buah merupakan jenis makanan yang harus ada setiap hari karena mengandung berbagai sumber vitamin, serat dan antioksidan serta mineral yang sangat dibutuhkan oleh tubuh,” ujar Abdullah.

Oleh karena itu menurutnya konsumsi sayur dan buah-buahan yang cukup merupakan salah satu indikator sederhana untuk gizi seimbang. Akan tetapi kata Abdullah masih banyak orang terutama anak-anak tidak suka makan sayur dan buah.

Badan Kesehatan Dunia (WHO) menganjurkan konsumsi sayur dan buah-buahan untuk hidup sehat sejumlah 400 gram perorang perhari. Rinciannya yakni 250 gram sayur dan 150 gram buah. Masyarakat Indonesia saat ini secara umum hanya mengkonsumsi 40,09 kilogram perkapita per tahun.

“Untuk itu sosialisasi tentang manfaat dan nilai gizi sayuran dengan buah perlu lebih digalakkan,” ucap Abdullah.

Dia menambahkan gerakan gemar makan sayur dan buah juga bagian mendorong masyarakat, khususnya anak-anak menerapkan konsumsi pangan yang beragam (diversifikasi), bergizi, seimbang dan aman.

“Kesuksesan program diversifikasi konsumsi pangan masyarakat memang masih memerlukan kerja keras dari semua pihak. Tentunya bukan hanya Dinas Pangan, namun juga instansi terkait, kalangan industri pangan dan peran pelaku usaha serta masyarakat luas,” tandasnya.

Meski diguyur hujan, namun tidak menyurutkan semangat anak-anak Paud/TK mengikuti kegiatan gerakan gemar makan sayur dan buah. Salah seorang guru pendamping TK IT Pelita Hati Rabiatul Adawiah S.Pd mengaku bangga bisa berpartisipasi dalam kegiatan tersebut.

“Kegiatan ini sangat positif dalam mengajak anak-anak agar suka dan mau mengkonsumsi buah dengan sayur,” ucap Rabiatul.

Reporter: Michael Simanjuntak

Ayo tulis komentar cerdas