Situng KPU Pukul 17.00 Wita 22 April 2019. (Foto: Ist)

Palu, Metrosulawesi.id – Scan C1 Pemilu 2019 di Situng (Sistem Informasi Perhitungan) Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk wilayah Sulawesi Tengah, menempatkan Partai Nasdem menguasai perolehan sementara.

Dari enam Dapil di Sulawesi Tengah, Nasdem menunjukkan dominasinya. Berdasarkan data yang masuk di Situng KPU, perolehan suara Nasdem diatas 25% (17.635) suara jauh mengungguli Demokrat yang merupakan pemenang kedua dengan raihan 15% (10.114) suara.

Dari 404 TPS yang masuk dari 9.190 TPS atau sekitar 4,3% data masuk hingga pukul 17.00 Wita, Nasdem mendomonasi jauh di Dapil 5 meliputi Kabupaten Poso, Kabupaten Tojo Unauna, Kabupaten Morowali dan Morowali Utara.

Gerindra, Golkar dan PKB melengkapi lima besar perolehan suara di Sulawesi Tengah. Meskipun data yang masuk baru 4,3%, nampaknya pertarungan lima besar untuk DPRD Sulawesi Tengah tidak akan berubah.

Di Dapil Sulawesi Tengah 3 (Parigi Moutong) Partai Golkar sementara unggul dengan perolehan 2.348 suara, menyusul Hanura 774, Gerindra 568, PAN 561, Nasdem 563 dan PKB 529 suara. Di Dapil Sulawesi Tengah 1, Sulawesi Tengah 6 masing-masing partai belum ada yang memperoleh 300 suara.

Informasi yang dihimpun Metrosulawesi dari berbagai sumber, Nasdem Sulawesi Tengah percaya diri meraih sedikitnya 8 kursi di DPRD Sulawesi Tengah. dari 16 partai politik yang ada, baru Nasdem yang optimis meraihnya. Selain di Donggala potensi dua kursi, di Dapil lima juga demikian.

Untuk Dapil 1 Kota Palu perebutan kursi dari partai Nasdem antara Yahdi Basma dan Sucipto. Dapil 2 Boul-Tolitoli atas nama Hasan Patongai, Dapil 3 Parigi Moutong atas nama Ibrahim A Hafid, Dapil 4 atas nama Irianto Malinggong, Dapil 5 (2 kursi) atas nama Arnila M Ali dan antara Sony Tandra dan Bonny Lahay. Untuk Dapil 6 Donggala-Sigi hampir dipastikan dua kursi akan diisi oleh Nilam Sari Lawira dan Muh Masykur.

Khusus Dapil Sulawesi Tenga 1 Kota Palu, perebutan kursi keenam cukup sengit antara Hanura, Demokrat dan PKB. Pasalnya ketiga partai itu saling klaim pemilik kursi keenam atau kursi terakhir Dapil Kota Palu.

Bila komposisi perebutan suara tidak mengalami perubahan signifikan, nampaknya partai Nasdem akan merebut kursi Ketua DPRD Provinsi Sulawesi Tengah.

Reporter: Elwin Kandabu

Ayo tulis komentar cerdas