Home Donggala

11 Angleg DPRD Donggala Tak Lolos

Ilustrasi. (Grafis: Ist)
  • Hitung Sementara, 4 Partai Berebut Kursi Ketua DPRD

Donggala, Metrosulawesi.id – Memasuki hari kelima pasca pencoblosan hampir dipastikan dari tiga puluh kursi anggota DPRD yang menjabat di periode sebelumnya ada sekitar 11 orang tidak akan duduk lagi di kursi parlemen.

“Berdasarkan CI yang kami input dari seluruh saksi di 16 kecamatan hampir setengah incunbent di DPRD Donggala gugur alias tidak terpilih lagi,” tukas ketua IT Partai PKS M, Akib yang ditemui di sekret pemenangan, Senin 22 April 2019.

“Tidak elok kami sebut namanya satu persatu karena menyangkut perasaan, komiu (wartawan) bisa lihat sendiri lah,” katanya.

Terpisah sekretaris DPD PKS Abd Rasyid yang dimintai keterangannya perihal hitung cepat yang dilakukan partainya menjelaskan, perolehan suara di 16 kecamatan yang ada di Kabupaten Donggala terjadi persaingan cukup ketat utamanya perebutan kursi pimpinan DPRD.

“Yang memiliki peluang menjadi pimpinan DPRD itu ada empat partai PKS, Nasdem, Gerindra, dan PKB yang suaranya cukup signifikan karena ketambahan dua amunisi yakni mantan wakil bupati 2018 yakni Yasin lataka dan Taufik Burhan. Kita tunggu saja hasil resminya dari KPUD kami menghitung berdasarkan laporan kader kami berdasar CI dari 868 TPS dikabupaten donggala,” kata sekretarsi DPD PKS Abd Rasyid.

Widya Lassa Digoyang

Sementara itu, puluhan Warga mendatangi kantor Bawaslu Dongggala, Senin 22 April. Kedatanagan warga tersebut menuntut Bawaslu agar memproses kasus dugaan many politic Widya Lassa.
“Bawaslu jangan masuk angin memproses kasus dugaan many politic. Bawaslu harus berani mendiskulaifikai Widaya Lassa,” kata Ketua RT Kelurahan Kabonga Kecil, Munawar.

Di hadapan wartawan Munawar menuding bupati sudah melakukan pembohongan kepada masyarakat melalui media massa. Karena sambung Munawar lagi bupati mengundangnya di Rujab pada 7 Maret lalu. Pada pertemuan itu katanya, mereka diarahkan untuk memenangkan anaknya, Widya Kastarena Lassa.

Diketahui berdasarkan data C1 dari tabulasi PKS Widya Lassa caleg dari Nasdem itu meraup 2.190 suara dengan total suara partai 3.071. Dia berhak memperoleh kursi pertama.

Reporter: Tamsyir Ramli

Ayo tulis komentar cerdas