Bujung R. Allo. (Foto: Ist)

Palu, Metrosulawesi.id – Manager PT Telkom Indonesia Witel Sulawesi Tengah, Bujung R. Allo mengungkapkan, dalam pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tahun ini, pihaknya siap membantu mengatasi jaringan internet selama UNBK berlangsung.

“Namun kami menyarankan kepada sejumlah sekolah yang menyelenggarakan UNBK, jika ingin jaringannya tidak terlalu terganggu saat UNBK, kami sarankan untuk menggunakan jaringan layanan ASTINET Telkom,” ujar Bujung belum lama ini.

Bujung mengatakan, Telkom saat ini mengutamakan kualitas bukan kuantitas, layanan internet yang dirasakan oleh masyarakat Sulteng yang diutamakan itu adalah kualitas.

“Hanya saja peminat kualitas itu bermacam-macam, kualitas layanan internet Telkom yang utama saat ini adalah ASTINET, sementara kualitas kedua Indihome. Perbedaan antara layanan ASTINET dan Indihome adalah harga, sebab yang menentukan kualitas itu adalah harga,” katanya.

Sebenarnya kata Bujung, tidak masalah menggunakan jaringan Indihome saat UNBK, tetapi jika browsing atau kirim jawaban, biasanya mengalami loading.

“Jika memang sejumlah sekolah masih berlangganan Indihome tidak masalah, tetapi kami kedepannya berharap semua sekolah sudah menggunakan jaringan ASTINET Telkom, meskipun hanya 2 MB, tetapi dengan menggunakan ASTINET, jaringannya Insya Allah lancar,” ungkapnya.

Bujung mengungkapkan untuk backup data, layanan Indihome juga mampu, namun jika ingin internet lebih lancar dan tidak lambat loading, silahkan gunakan layanan ASTINET Telkom.

“Kualitas ASTINET ini satu banding satu, sehingga jika berlanganan 2 MB saja, maka download dan lainnya tetap juga 2 MB. Jika indihome berlangganan 10 MB, memang dilihat besar, tetapi jika melakukan download hanya kecil,” jelasnya.

Bujung kembali menegaskan, jika masih menggunakan layanan Indihome tidak masalah, namun kedepanya kalau bisa sejumlah sekolah yang melaksanakan UNBK mengunakan ASTINET.

“Dalam pelaksanaan UNBK, Telkom siap mendukung, hanya saja pihak Telkom meminta bantuan kepada sejumlah sekolah untuk memberikan nomor-nomor Indihome, sehingga kami dapat mengecek secara sistem jaringan internetnya,” katanya.

Bujung mengatakan bagi sekolah yang belum memiliki layanan internet, diharapkan mengajukan permohonan ke pihaknya, agar menjadi acuan Telkom untuk menambah jaringan di sekolah tersebut.

Reporter: Moh Fadel
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas