Ardiansyah Lamasitudju. (Foto: Dok Metrosulawesi)

Palu, Metrosulawesi.id – Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah (Dispusarda) Provinsi Sulawesi Tengah Ardiansyah Lamasitudju mengungkapkan, Dispusarda Sulteng akan melakukan terobosan baru guna menarik pengunjung untuk membaca.

“Terobosan itu adalah dengan cara memperbanyak kegiatan. Hal ini dilakukan setelah melihat animo pengunjung meningkat drastis hingga 7 persen pasca kami melakukan pameran pada 2 April 2019,” kata Ardiansyah belum lama ini.

Ardiansyah mengatakan, peningkatan kunjungan di Perpustakaan Daerah belum diketahui mampu bertahan sampai kapan. Olehnya itu Dispusarda Sulteng mencoba melakukan terobosan agar jumlah pengunjung dan minat baca semakin meningkat.

“Untuk kedepan, Dispusarda Sulteng akan memperbanyak kegiatan, jika perlu mendatangkan penggiat literasi tingkat nasional seperti Najwa Shihab maupun pihak perpustakaan nasional,” katanya.

“Kami juga akan mengubah budaya masyarakat dalam membaca. Untuk itu salah satu upaya pembiasaan itu, Dispusarda Sulteng akan hadir di tengah-tengah masyarakat melalui perpustakaan mobile serta memperbanyak kegiatan,” ujarnya.

Ardiansyah mengungkapkan, kegiatan yang akan digelar Dispusarda Sulteng dikemas secara menarik, sehingga dapat menarik pengunjung dari berbagai kalangan, termasuk kalangan muda.

“Generasi muda yang akan menjadi pemimpin ke depan harus memiliki pengetahuan yang baik. Oleh karena itu, gerakan minat baca yang tengah dilakukan Dinas Perpustakaan diharapkan bisa membangun minat baca para generasi muda,” ungkapnya.

Kata dia, indeks membaca di Indonesia saat ini masih begitu rendah, dimana dari seribu orang hanya satu orang yang membaca.

“Olehnya itu para generasi muda yang memiliki keunggulan dalam segi membaca, diharapkan dapat menangani persaingan dan kompetisi Revolusi 4.0, agar minat atau gemar membaca di Indonesia, khususnya Sulteng dapat meningkat,” harapnya.

Reporter: Moh Fadel
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas