Prof Sutarman Yodo. (Foto: Michael Simanjuntak/ Metrosulawesi)
  • Penegasan Warek Bidang Akademik Untad

Palu, Metrosulawesi.id – Wakil Rektor Universitas Tadulako (Untad) Bidang Akademik Prof Dr Sutarman Yodo SH MH mengungkapkan mahasiswa kedokteran berhak menerima Bidikmisi (Bantuan Pendidikan Mahasiswa Miskin Berprestasi).

“Baru-baru ini ada mahasiswa Fakultas Kedokteran Untad yang berhasil jadi dokter karena menerima Bidikmisi. Tidak benar mahasiswa kedokteran tak bisa menerima Bidikmisi,” ucap Prof Sutarman di Palu, Rabu, 17 April.

Selama memenuhi persyaratan dan ketentuan, semua mahasiswa berhak mendapat Bidikmisi yang telah ada sejak beberapa tahun belakangan ini. Mahasiswa penerima Bidikmisi ditentukan oleh kementerian dan diverifikasi universitas.

Khusus untuk 10.765 peserta SBMPTN Untad yang sedang berlangsung, Prof Sutarman mengatakan 5.000 orang lebih diantaranya merupakan pendaftar Bidikmisi. Seleksi ketat akan dilakukan karena keterbatasan kuota Bidikmisi yang hanya sekitar 1.000 lebih.

“Hampir peserta SBMPTN Untad merupakan pendaftar Bidikmisi, cukup banyak,” ujar Warek.

Sebelumnya Tes Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) Untad telah berlangsung sesi pertama, dua, tiga dan empat diikuti masing-masing 851 peserta. Sesi satu sampai empat dari total 16 sesi UTBK SBMPTN Untad yang telah berlangsung pada Sabtu-Minggu, 13-14 April 2019.

Prof Sutarman menjelaskan UTBK 16 sesi tersebut akan diikuti total peserta 10.765 orang pendaftar SBMPTN. UTBK bidang Saintek diikuti sebanyak 5.773 peserta dan Soshum 4.992 peserta.

“Peserta ujian akan dilayani sebanyak 16 sesi dari total 20 sesi yang telah disediakan,” jelas Prof Sutarman saat serah terima berita acara pelaksanaan UTBK SBMPTN yang dipimpin Rektor Prof Dr Ir Mahfudz MP di Lantai II Media Center Untad, Sabtu, 13 April 2019.

Selama pelaksanaan tes UTBK, peserta akan diawasi 367 orang pengawas dengan total 30 ruangan. Selain di Untad, pelaksanaan UTBK menggunakan ruangan di SMAN 1 Palu, SMKN 1 Palu, SMKN 2 Palu, SMKN 3 Palu, SMA BK Palu dan SMA Model Madani.

Rektor Untad Prof Mahfudz berharap pelaksanaan UTBK dapat berjalan dengan lancar dan maksimal. Sehari sebelum pelaksanaan tes, Rektor telah meninjau ruangan UTBK di Untad dan sekola-sekolah.

“Saya bersama panitia telah meninjau lokasi ujian di Untad dan mitra sekolah untuk memastikan agar semua sesi UTBK dapat berjalan optimal. Setelah meninjau, kami bersyukur bahwa seluruh mitra sekolah telah siap dari segi fasilitas dan infrasturktur,” ujar Prof Mahfudz.

Reporter: Michael Simanjuntak
Editor: Udin Salim

Ayo tulis komentar cerdas