Ilustrasi. (Grafis: Ist)
  • Dua TPS di Sigi Pungut Suara Lanjutan

Palu, Metrosulawesi.id – Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sulawesi Tengah Ruslan Husen mengungkapkan, sebanyak 13 tempat pemungutan suara (TPS) berpotensi dilaksanakan pemungutan suara ulang (PSU) yang tersebar di beberapa kabupaten di Sulawesi Tengah.

Ruslan Husen merincikan, potensi PSU di dua TPS di Donggala, yakni di TPS 4 Tambu (Kecamatan Balaesang) dan TPS 2 Balukang (Sojol). Sedangkan di Tolitoli di TPS 11 Laulalang, (Tolitoli Utara). Selanjutnya di Kabupaten Morowali terdapat dua TPS di Kecamatan Bungku Selatan masing-masing TPS 1 Desa Kaleroang, dan TPS 2 Desa Umbele Lama. Banggai Kepulauan yang berpotensi PSU adalah TPS 4 Salakan (Tinakung). Berikutnya, Parigi Moutong di TPS 3 Pinotu (Toribulu). Sedangkan di Tojo Unauna di TPS 1 Bailo Kecamatan Ampana.

Sedangkan di Kota Palu sebanyak empat TPS, yakni: TPS 12 Birobuli Utara (Palu Selatan), TPS 13 Baru (Palu Barat), TPS 39 Lere (Palu Barat), TPS 12 Mamboro (Palu Utara). Satu lagi di Banggai Laut yakni di TPS 1 Kasuairi (Bokan Kepulauan.

“Total 13 TPS yang berpotensi PSU,” ungkap Ruslan Husen dikonfirmasi Metrosulawesi, Jumat 19 April 2019.

Ruslan Husen mengatakan, surat rekomendasi untuk PSU sedang dalam proses untuk selanjutnya disampaikan kepada KPU kabupaten dan ditindaklanjuti. Namun, jumlah tersebut adalah data sementara karena masih menunggu informasi dari kabupaten lainnya.

Dari data yang diperoleh dari Bawaslu Sulteng, alasan sehingga berpotensi PSU rata-rata karena ditemukan pemilih ber KTP di daerah lain mencoblos di TPS tersebut. Misalnya di TPS 4 Tambu dan TPS 2 Balukang, ditemukan pemilih ber KTP Kota Palu tanpa A5 atau pindah memilih melakukan pencoblosan di TPS tersebut. Sedangkan di TPS 11 Laulalang, Tolitoli Utara ditemukan lima orang tidak terdaftar dalam DPT, DPTb dan beralamat di tempat lain, tapi diberikan kesempatan mencoblos.

Dikonfirmasi terpisah, Anggota KPU Sulawesi Tengah Samsul Y Gafur mengakui ada beberapa TPS yang akan melakukan PSU. Tapi, dia belum mengetahui jumlah pastinya karena masih menunggu data resmi dari KPU kabupaten kota. Samsul mengaku baru menerima informasi dari Kabupaten Morowali, Parigi Moutong, dan Tolitoli bahwa ada TPS yang berpotensi PSU di daerah tersebut. Yang pasti, kata Samsul jika dilakukan PSU, logistik dari KPU provinsi sudah disiapkan.

Berbeda dengan Kabupaten Sigi. Bukan PSU, tapi pemungutan suara lanjutan di dua TPS yakni TPS 2 dan 5 masing-masing di Desa Karawana, Kecamatan Dolo.

Ketua KPU Sigi Hairil mengatakan, surat suara dari dapil lain masuk di TPS tersebut sejumlah DPT.

“Pada saat itu, pemungutan suara sudah berjalan. Salah satu pemilih melihat (surat suara) bukan dapil yang bersangkutan sehingga pada saat itu juga KPPS hentikan pemungutan suara,”kata Hairil ditemui di Sigi.

Hairil belum memastikan kapan pemungutan suara lanjutan di dua TPS tersebut dilaksanakan.

“Kami akan pleno dulu untuk penetapan kapan dilaksanakan,” jelas Hairil ditemui di kantornya, Jumat 19 April 2019.

Belum diketahui kapan PSU akan dilaksanakan karena untuk jadwal PSU harus diputuskan melalui rapat pleno KPU kabupaten. Yang pasti, sesuai PKPU, PSU dilaksanakan paling lambat 10 hari setelah hari pemungutan suara.

Sementara itu, pemungutan suara di tujuh kecamatan di Banggai sudah melaksanakan pemungutan suara susulan. Sebelumnya sempat tertunda karena logistik tidak sampai di TPS di tujuh kecamatan tersebut yakni Luwuk, Luwuk Selatan, Luwuk Utara, Batui Selatan, Batui, Moilong, dan Toili Barat.

Anggota KPU Sulawesi Tengah Sahran Raden mengatakan, pemungutan suara susulan di 460 TPS di tujuh kecamatan di Kabupaten Banggai sudah terlaksana pada 18 April 2019.

Reporter: Syamsu Rizal
Editor: Udin Salim

Ayo tulis komentar cerdas