Home Palu

Polri-TNI AD Amankan Perayaan Paskah di Palu

Patroli bersama Personil Polres Palu dan Kodim 1306/Donggala. (Foto: Djunaedi/ Metrosulawesi)

Palu, Metrosulawesi.id – Dalam rangka perayaan Kebangkitan Isa Almasih di Kota Palu, Sulawesi Tengah, 19 April 2019, jajaran Kepolisian Resor (Polres) Kota Palu, meningkatkan pengamanan di sejumlah rumah ibadah (gereja). Selain melibatkan personil Polri, pengamanan juga melibatkan personil TNI AD, dalam hal ini Kodim 1306/Donggala.

Kapolres Palu AKBP Mujianto SIK, saat d temui Metrosulawesi.id,  Jumat 19 April 2019 mengatakan bahwa, pengamanan untuk hari raya sudah menjadi agenda rutin. Selama hari Raya Paskah dan bertepatan libur panjang  dalam suasana Pemilu 2019,  pengamanan di Wilayah Kota Palu dan sekitarnya ditingkatkan.

Pengamanan gereja, kata Mujianto, pihaknya menerjunkan personil di polsek-polsek yang ada untuk melakukan pengamanan di gereja-gereja di wilayahnya masing-masing. Pengamanan ini dimaksudkan untuk menjamin kenyamanan umat kristiani melakukan ibadah.

Mengenai pelibatan TNI AD, Mujianto menuturkan, soal pengamanan dalam menjamin ketertiban dan kenyamanan warga melakukan aktifitas, khususnya merayakan hari raya dan libur panjang, tidak saja menjadi tanggungjawab semata dari kepolisian. Tapi, pihak aparat keamanan saling bahu membahu/

‘’Kami dari aparat keamanan saling bahu membahu dalam memberikan jaminan keamanan di Kota Palu. Olehnya itu, kami bersama-sama TNI AD melakukan pengamanan dan patroli agar masyarakat merasa aman melakukan aktifitas,’’ kata Mujianto.  

Soal juml;ah personil yang diterjunkan dalam pengamanan perayaan Paskah, Mujianto menjelaskan, sedikitnya 146 personil gabungan Polri dan TNI AD. Personil ini, sudah ditempatkan pada rumah-rumah ibadah serta tempat-tempat keramaian maupun wisata yang ada di Wilayah Kota Palu dan sekitarnya.

Selain personil Polri dan TNI AD, pengamanan juga melibatkan pihak internal gereja. ‘Setiap perayaan keagamaan seperti perayaan paskah, pengamanan internal seperti panitia dilibatkan dalam pengamanan.

‘’Pihak internal gereja kan lebih mengetahui jemaatnya. Jadi, pengamanan internal sangat penting dalam pengamanan,’’ tukas Mujianto.

Lebih lanjut Kapolres Palu, Mujianto, menghimbau kepada seluruh masyarakat Kota Palu, untuk bersama menjaga kamtibmas di Kota Palu, bila ada hal-hal yang mencurigakan segera melaporkanya ke Pihak Kepolisian terdekat.   

‘’Kepada masyarakat untuk tidak mempercayai berit-berita yang belum dipastikan kebenaranya, mari bersam melawan berita Hoax, ” imbau orang nomor satu di Polres Palu itu.(*)

Reporter: Djunaedi

Ayo tulis komentar cerdas