Home Palu

Puluhan Sekolah Ikut Karnaval Budaya

SEMARAK BUDAYA - Sejumlah peserta yang tampil pada Karnaval Budaya dalam rangka memeriahkan HUT ke-55 Provinsi Sulteng, di Jalan Samratulangi Palu, Selasa, 9 April 2019. (Foto: Djunaedi/ Metrosulawesi)

Palu, Metrosulawesi.id – UPT Taman Budaya dan Museum, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Sulawesi Tengah menggelar Karnaval Budaya dalam rangka memeriahkan HUT ke- 55 Provinsi Sulteng, Selasa, 9 April 2019.

Karnaval ini berlangsung semarak dan disaksikan masyarakat Kota Palu dan sekitarnya.

Sekretaris Provinsi Sulteng, DR Mohamad Hidayat mengatakan Pemerintah Daerah Sulteng memberikan apresiasi kepada jajaran UPT Taman Budaya dan Museum, Disdikbud Sulteng yang secara rutin terus menginisiasi kegiatan tersebut, dalam rangka mengembangkan kreativitas dan inovasi para insan pelaku seni budaya Sulteng.

“Provinsi Sulteng memiliki warna warni keragaman seni budaya, sebagai aset kekayaan dan kearifan lokal, khazanah kebinekaan yang ada di daerah ini yang di dalamnya terkandung nilai-nilai yang tumbuh berkembang sebagai penambah kekayaan budaya bangsa,” ujar Hidayat.

Olehnya itu kata Hidayat, pihaknya menyadari betul bahwa menjaga dan memelihara budaya daerah memang tidak mudah, karena ancaman yang tampak nyata sekarang ini berasal dari derasnya tsunami budaya asing/budaya global hingga minimnya apresiasi dan minat generasi milenial Sulteng, untuk pro aktif dalam mengembangkan budaya daerah.

“Untuk itu saya mengimbau kepada kita semua, khususnya kepada Pemerintah Kabupaten dan kota untuk lebih serius memperhatikan, menggali, mengembangkan budaya tradisi daerah yang ada di daerah masing-masing,” katanya.

Selain itu sekadar informasi, kata dia, Kabupaten Morowali Utara akan diutus menjadi wakili Provinsi Sulteng mengikuti pawai budaya nusantara di Jakarta.

“Olehnya itu Pemda memberikan apresiasi, semoga kabupaten yang dipercaya mewakili daerah benar-benar menunjukkan kreativitas dan inovasinya,” ungkapnya.

Dari data UPT Taman Budaya dan Museum Disdikbud Sulteng Karnaval Budaya diikuti sekitar 20 SMA/SMK Negeri dan Swasta se Kota Palu dan Paguyuban Bali, Jawa, Cina serta Minang dengan menampilkan ragam seni budaya lokal Sulteng.

Reporter: Moh Fadel, Djunaedi
Editor: Udin Salim

Ayo tulis komentar cerdas