Home Palu

Ujian Tulis Berbasis Komputer Mulai 13 April

485
UJIAN SBMPTN - Salah satu calon mahasiswa sedang ujian tulis berbasis komputer. (Foto: Ist)
  • Pendaftar SBMPTN Untad Membludak

Palu, Metrosulawesi.id – Pendaftar Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) Universitas Tadulako (Untad) membludak. Tercatat hingga hari penutupan pendaftaran gelombang II pada 1 April, pendaftar SBMPTN Untad mencapai 10.800 orang. Padahal tahun sebelumnya pada 2018, pendaftar SBMPTN Untad hanya 9.994 orang.

“Untuk ujiannya dimulai pada Sabtu, 13 April 2019, sesi satu pukul 07.30 WITA dan sesi dua mulai pukul 13.00 WITA,” ungkap Humas Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) Untad Dr Darsikin, Senin, 8 April 2019.

Pendaftaran SBMPTN telah dibuka sejak 1 sampai 24 Maret gelombang I dan lanjut 25 Maret sampai 1 April gelombang II. Berbeda dengan tahun sebelumnya, pelaksanaan tes SBMPTN kali ini kata Darsikin hanya menggunakan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK). Peserta cukup membawa kartu ujian dan berkas yang diperlukan.

“Jadi nanti ujian total semuanya 20 sesi yang berakhir pada Minggu, 26 Mei dengan sistem UTBK,” ucapnya.

Dr Darsikin. (Foto: Dok Metrosulawesi)

Selain menggunakan sejumlah ruangan di Untad, UTBK akan dilaksanakan di beberapa sekolah di Kota Palu seperti SMAN 1, SMA Madani, SMKN 1, SMKN 2, SMKN 3 dan SMK Bala Keselamatan Palu.

Darsikin menjamin kesiapan sarana/prasana pendukung dalam pelaksanaan UTBK aman. Peserta diimbau terlebih dahulu mencari tahu ruangan guna mengefisienkan waktu saat hari pelaksanaan ujian.

“Minimal satu hari sebelum ujian peserta mencari tahu lokasinya agar tidak kelamaan saat hari ujiannya,” ujar Darsikin.

Dia menambahkan pengumuman hasil ujian rencananya akan dilakukan pada 9 Juli mendatang. Kuota SBMPTN Untad sendiri hanya sekitar 4.000 ribu lebih. Seperti diketahui, dengan hadirnya LTMPT, terdapat perubahan pelaksanaan tes SBMPTN.

Selain hanya akan menggunakan sistem ujian berbasis komputer, pendaftar juga harus terlebih dahulu ikut tes baru kemudian bisa menentukan perguruan tinggi dan prodi/jurusan sesuai nilai yang diperoleh.

Sistem penentuan peserta yang lulus untuk memasuki suatu prodi berdasarkan perengkingan. Dicontohkan jika satu prodi atau jurusan membuka kuota seratus kursi, maka yang berhak mendudukinya peserta yang lulus dengan rangking 1 sampai 100. Adapun total kuota mahasiswa baru Untad tahun ini sebanyak 8.705 orang.

Reporter: Michael Simanjuntak
Editor: Udin Salim

Ayo tulis komentar cerdas