Home Olahraga

Perpani Sulteng Pantau Atlet di Porprov Jelang Pra PON

371
Danny Syamsu Wawolumaja. (Foto: Tahmil Burhanudin/ Metrosulawesi)

Palu, Metrosulawesi.id – Panahan menjadi salah satu cabang olahraga (Cabor) yang akan dipertandingkan pada Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) ke VII yang akan digelar di Kabupaten Parigi Moutong pada akhir bulan April 2019 nanti. Meski hanya dipertandingkan sebagai cabor eksebisi, Pengurus Persatuan Panahan Nasional Indonesia (Perpani) Sulawesi Tengah berharap ini menjadi awal munculnya atlet berbakat pada cabor tersebut.

Untuk menghadapi even Porprov mendatang, Perpani Sulteng bersama panitia lokal di lokasi Porprov sudah merampungkan berbagai kesiapan, termasuk terkait kepanitiaan. “SK (surat keputusan) penetapan cabor eksebisi dari KONI juga sudah keluar,” ungkap Ketua Perpani Sulawesi Tengah Danny Syamsu Wawolumaja, baru-baru ini 2019.

“Seluruh atlet kan sudah gabung di Pengcab (pengurus kabupten/Pengkab),” ujarnya.

Dia berharap, selain sebagai ajang untuk meningkatkan prestasi atlet even ini juga bisa menjadi awal munculnya atlet panahan berbakat. Sehingga melalui even ini juga bisa menjadi persiapan Perpani Sulteng untuk melirik bakal atlet menuju pra PON mendatang.

“Ini jadi awal persiapan pra PON. Kita harap nantinya kita bisa berpartisipasi di PON (Pekan Olahraga Nasional),” ungkap Danny.

Dia mengakui, sejak awal terbentuknya pengurus Perpani di Sulawesi Tengah animo masayarakat terhadap olahraga ini sangat meningkat, semakin banyak klub yang aktif dan telah merambat ke para pemanah junior. Hal ini juga tidak terlepas dari upaya Perpani Sulteng yang kerap melakukan sosialisasi ke sekolah-sekolah hingga ke tingaktan sekolah dasar (SD).

“Di kejurnas kita sudah ikutkan juga. Hasilnya memang belum smpai perolehan medali. Sisa kita cari sekarang figur-figur yang punya kepedulian untuk itu, supaya bisa membantu untuk peningkatan peralatan dan tempat latihan para atlet nantinya,” jelasnya.

Hingga saat ini, sudah terbentuk enam Pengcab Perpani di kota dan kabupaten di Sulawesi Tengah. Sementara sekitar belasan klub juga telah terdaftar dan tercatat di Perpani Sulteng.

“Kita harapkan ada beberapa bibit yang muncul dan menonjol di Porprov ini,” tandasnya.

Selain melalui Porprov dan sejumlah kejuaraan panahan lainnya yang telah terjadwal, Perpani Sulteng berencana akan membuat sirkuit kejuaraan junior, berupa kejuaraan berseri lima kali setahun khusus bagi atlet panahan junior. Hal ini untuk melahirkan bibit atlet panahan yang berbakat. Sementara itu, Porprov sendiri akan berlangsung pada 23 hingga 30 April 2019 nanti.

Reporter: Tahmil Burhanudin
Editor: Syamsu Rizal

Ayo tulis komentar cerdas