RAPAT - Bupati Parimo Samsurizal Tombolotutu rapat pemantapan Festival Pranata Adat Budaya Nasional yang bertempat di halaman Kantor Camat Ampibabo, Senin 8 April 2019. (Foto: Ist)

Parimo, Metrosulawesi.id – Kabupaten Parigi Moutong (Parimo) kembali dipercayakan menyelenggarakan event nasional yaitu Kegiatan Festival Pranata Adat Budaya Nasional (FPABN) Tahun 2019.Kegiatan tersebut akan dipusatkan di Desa Ampibabo Kecamatan Ampibabo dan berlangsung selama 3 hari yakni 9 April 2019 hingga 11 April 2019.

Bupati Parimo Samsurizal Tombolotutu mengatakan, bahwa dipercayakannya Kabupaten Parimo menyelenggarakan event nasional oleh Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDT) RI, karena sukses menyelenggarakan event Teknologi Tepat Guna (TTG). Menurutnya, hampir semua kegiatan nasional yang dilaksanakan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Parimo semuanya memuaskan.

“Alhamdulillah kita kembali dipercayakan menjadi tuan rumah menyelenggarakan event nasional oleh Kemendes PDT, ini merupakan satu kehormatan luar biasa, Pak Menteri sendiri minta agar Kabupaten Parimo ditunjuk menyelenggarakan kegiatan itu, karena puas dengan beberapa event besar yang telah kita laksanakan,” ungkap Samsurizal saat Rapat Pemantapan Festival Pranata Adat Budaya Nasional yang bertempat di halaman Kantor Camat Ampibabo, Senin 8 April 2019.

Lanjut Bupati, bahwa rangkaian kegiatan Pranata Adat diantaranya Workshop Nasional Penanganan Konflik untuk Perdamaian, Penyelenggaraan Festival Adat Budaya yang melibatkan Komunitas Adat Terpencil (KAT), Revitalisasi Sarana Olahraga, Dialog bersama Kepala Desa, Pawai Budaya, pagelaran Musik Tradisional, dan Pameran BumDes.

“Karena Festival Pranata Adat ini bertujuan mendorong perdamian di Daerah serta mendorong peningkatan Pariwisata di Kabupaten Parimo,” tutur Bupati.

Rapat tersebut turut hadir Ketua DPRD Kabupaten Parimo, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekda Parimo, Asisiten Administrasi Umum, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbang Pol) Kabupaten Parimo, serta kepala OPD Parimo yang sempat hadir, dan Camat Ampibabo bersama Staf Kementerian PDT.

Reporter: Zoel Fahry
Editor: Syamsu Rizal

Ayo tulis komentar cerdas