Home Sulteng

Hidayat: Pramuka Kembali Aktif

Mohamad Hidayat. (Foto: Ist)

Palu, Metrosulawesi.id – Sekretaris Daerah Provinsi Sulawesi Tengah Mohamad Hidayat selaku Ketua Kwartir Daerah Pramuka mengatakan sejak kepemimpinannya, Pramuka telah kembali aktif. Hal ini disampaikan saat membuka Kemah Temu Penggalang dan Penegak ke X se Sulawesi Tengah yang dilaksanakan oleh Gugus Depan 01.185-01.186 Racana Karamatul Husnah Pangkalan IAIN di Bumi Perkemahan Paneki, Senin, 8 April 2019.

“Pramuka kembali aktif terbukti sudah banyak kegiatan yang telah dilaksanakan baik di tingkat kwartir daerah maupun di tingkat kwartir cabang yang melibatkan gugus depan. Saya melihat di tahun 2019, Pramuka di Sulawesi Tengah menunjukkan kebangkitannya kembali,” ujar Hidayat.

Kegiatan perkemahan dimulai pada 8 sampai 12 April mendatang yang diikuti oleh 636 orang penegak dan 269 orang penggalang serta 119 pendamping berasal dari masing-masing gugus depan se Sulawesi Tengah. Hidayat mengapresiasi pelaksanaan kemah temu Pramuka Penggalang dan Pramuka Penegak.

“Kegiatan hari ini mengingatkan kita akan jayanya Pramuka di masa-masa lalu,” ucap dia.
Menurutnya, sebagai seorang Pramuka sejatinya wajib menjunjung tinggi asas-asas yang terkandung dalam dasa darma pramuka dan trisatya Pramuka, karena itu merupakan kode kehormatan.
“Kakak (saya) dulu pernah Pramuka, dan sampai hari ini semangat dasa darma dan trisayta Pramuka masih membara di hati,” ungkap Hidayat.

Melihat kondisi Perkemahan Paneki saat ini, Hidayat menyampaikan akan melakukan rehabilitasi pada 2020 mendatang. Rehabilitasi dilakukan bekerjasama dengan pemerintah terkait.

“Alokasi anggaran melalui pemerintah daerah untuk merenovasi gedung-gedung yang ada di Paneki. Tujuannya agar Bumi Perkemahan Paneki kembali jaya seperti pertama kali dirintis oleh para pendahulu,” harapnya.

Tak lupa ia mengucapkan terima kasih kepada seluruh pengurus Kwarcab dan Gugus Depan yang telah mengirim utusannya untuk mengikuti kegiatan di Bumi Perkemahan Paneki. Hidayat juga berharap ke depan kualitas kegiatan ditingkatkan sesuai dengan perkembangan zaman.

“Agar kegiatan Pramuka yang merupakan kegiatan pendidikan non formal dapat mendidik anak bangsa menjadi generasi penerus yang kuat fisik dan mental,” tandas Hidayat.

Reporter: Michael Simanjuntak
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas