Home Palu

Puluhan Mahasiswa IAIN Palu Dilatih Menulis Jurnal

Puluhan Mahasiswa dari berbagai fakultas di IAIN Palu, saat mengikuti pelatihan penulisan skripsi dan jurnal, Sabtu 6 April 2019. (Foto: Djunaedi/ Metrosulawesi)

Palu, Metrosulawesi.id – Sebanyak 40 mahasiswa dari berbagai fakultas di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palu mengikuti pelatihan penulisan skripsi dan jurnal, Sabtu pekan lalu. Kegiatan yang juga disebut Academic Writing Clinic ini berlangsung selama dua hari, 6-7 April 2019 di aula Kampus IAIN, Jalan Diponegoro.

Ketua Panitia Pelaksana yang juga penjabat sementara UPT Pusat Pengembangan Bahasa IAIN Palu Dr H Abidin, S.Ag,M.Ag kepada wartawan mengatakan, kegiatan yang diikuti 40 peserta dari berbagai fakultas tersebut bertujuan untuk membekali mahasiswa semester akhir menulis skripsi maupun pengeditan artikel atau jurnal elektronik.

Tidak hanya itu, kata Abidin, tujuan akhir dari jurnal elektronik tersebut adalah untuk borang akreditasi perguruan tinggi.

“Jadi ini langkah awal menuju akreditasi.Kita ambil sampel dulu 40 orang. Karena animonya cukup besar, ke depannya kita akan tambah jumlah peserta,’’ tandasnya diamini sekretaris UPT Pusat Pengembangan Bahasa Muhammad Tamrin Pettawali,S.S,M.Pd.

Sementara itu, Rektor IAIN Palu yang diwakili Wakil Rektor II Dr H Kamaruddin M.Ag dalam sambutannya mengapresiasi pihak UPT Pusat Pengembangan Bahasa yang telah melaksanakan kegiatan pelatihan untuk meningkatkan kualitas mahasiswa dalam penulisan skripsi maupun jurnal dan elektronik. Hasil pelatihan tersebut, lanjut Kamaruddin, selain memberi peluang kepada mahasiswa untuk mendapatkan beasiswa atau kuliah ke luar negeri juga sekaligus untuk meningkatkan mutu pendidikan atau akreditasi IAIN.

Kamaruddin juga menekankan kalau pihak kampus akan mengakomodir alumni IAIN Palu yang memiliki akses dan kemampuan untuk kuliah di luar negeri.

“Berdosa kampus kalau tidak mengakomodir alumni yang punya kualitas dan kemampuan untuk mendapatkan beasiswa ke luar negeri . Jadi saya harapkan peserta betul-betul menyerap ilmu selama pelatihan ini,’’tekannya.

Adapun materi penulisan skripsi disampaikan Dr H Ahmad Syahid, M.Pd sedangkan untuk materi editan penelitian ke dalam bentuk jurnal/artikel dibawakan oleh Nurdin,S.Pd, S.Sos,,M.Com,Ph.D.Untuk menambah motivasi peserta, panitia menghadirkan motivator Mukrim,M.Ed,Ph.D yang juga Dosen Universitas Tadulako Palu. Mukrim selain berbagi pengalaman juga memberikan tips untuk mendapatkan beasiswa kuliah ke luar negeri.

Reporter: Djunaedi
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas