PERIKSA PASUKAN - Kapolda Sulteng, Brigjen. Pol. Drs. Lukman Wahyu Hariyanto, melakukan pemeriksaan pasukan pengamanan pemilu, saat gelar apel pasukan beberapa waktu lalu. (Foto: Djunaedi/ Metrosulawesi)
  • Polda Siap Amankan Pemilu di Sulteng

Palu, Metrosulawesi.id – Polda sudah menyiapkan ribuah personel untuk pengamanan Pemilu pada 17 April 2019 mendatang. Setiap TPS akan dijaga dua polisi dibantu beberapa orang Linmas. Berdasarkan data di Sulteng terdapat 9.189 TPS tersebar di seluruh wilayah di Sulteng.

Kabid Humas Polda Sulteng AKBP Didik Supranoto, SIK, melalui Kasubbid Penmas Bidhumas Polda Sulteng, Kompol Sugeng Lestari, Kamis 4 April 2019 mengatakan bahwa Polda Sulteng menyiagakan sebanyak 4.620 personel polisi, baik yang ada di Polres sebanyak 3.069 personel, maupun yang ada di Polda Sulteng yang akan di-BKO-kan untuk pengamanan TPS di seluruh wilayah Sulawesi Tengah sebanyak 1.551 personel.

“Selain itu untuk pengamanan Pemilu, dari Pihak TNI juga menyiagakan sejumlah berjumlah 4.000 personel, dan Linmas berjumlah 18.382 orang,” ucapnya.

Sugeng menjelaskan setiap TPS rata-rata akan dijaga oleh dua polisi. Pengamanan TPS katanya dibagi dalam pola pengamanan pemilu di antaranya, TPS Kurang Rawan berjumlah 7.137 TPS, menggunakan Pola pengamanan 2 : 8 : 4. Artinya 2 Polri dibantu 8 Linmas mengamankan 4 TPS.
Selain itu, TPS Rawan berjumlah 1.700 TPS, menggunakan Pola pengamanan 2 : 4 : 2. Artinya 2 Polri dibantu 4 Linmas mengamankan 2 TPS dan TPS Sangat Rawan berjumlah 352TPS, menggunakan Pola pengamanan 2 : 2 : 1 artinya 2 Polri dibantu 2 Linmas mengamankan 1 TPS.

“Personil BKO dari Staf Polda Sulteng untuk pengamanan TPS di wilayah Polres jajaran Polda Sulteng akan mulai dilakukan pergeseran dari Polda ke Polres-Polres tanggal 14 April 2019 pada saat berlangsungnya Masa tenang,” katanya.

Dia menambahkan, hal itu dilakukan agar minimal H-1 atau H-2 Personil BKO dari Polda Sulteng bersama Polres setempat sudah dapat menempati pos-pos pengamanan TPS sebagaimana yang diatur dan diplotting oleh para Kapolres masing-masing, yang bertanggung jawab dalm pengamanan Pemilu 2019 di wilayah Polres, sehingga diharapkan personil pengamanan TPS sudah dapat bersosialisasi dengan masyarakat.

Sementara itu, dalam mempelajari kerawanan tersebut, TNI/Polri akan berkoordinasi dengan Linmas serta stakeholder yang ada di desa atau kelurahan guna menciptakan pelaksanaan pemungutan suara di TPS berlangsung aman.

Reporter: Djunaedi
Editor: Udin Salim

Ayo tulis komentar cerdas