Home Sigi

Ketua Adat Sigi, Ajak Warga Lawan Hoax dan Jangan Golput

Husen Habibu. (Foto: Ist)

Sigi, Metrosulawesi.id – Pemilihan Umum 2019 tinggal 14 hari, namun berita hoaks maupun ujaran kebencian masih terkadang muncul di media sosial. Ini tentunya memprihatinkan karena seyogyanya semua pihak menyambut pesta demokrasi ini dengan santun dan tertib. Masyarakat Sulawesi Tengah pun diharapkan mendukung pemilu baik pileg maupun pilpres agar bisa berjalan aman, lancar dan damai.

Ketua Dewan Adat Kabupaten Sigi, Husen Habibu, Rasu 3 April 2019, juga mengajak semua warga khususnya di Kabupaten Sigi agar menyambut pemilu yang tinggal dua pekan dengan penuh kedamaian. Husen meminta semua pihak mendukung penuh penyelenggaraan pemilu damai dan berkualitas di Indonesia agar menghasilkan pemimpin dan anggota legislatif yang berkualitas pula. Untuk itu, ia mengingatkan para kontestan pemilu hendaknya berkampanye sesuai peraturan yang berlaku dengan tertib dan berintegritas.

Husen mengingatkan agar warga Sulawesi Tengah khususnya di Kabupaten Sigi untuk bersama-sama menjaga situasi kamtibmas tetap kondusif, jaga persatuan dan kesatuan, hindari perpecahan akibat pilihan politik, torang samua basudara

Tidak hanya itu, Husen juga menekankan kepada netizen atau pengguna media sosial agar cerdas dan bijak dalam menggunakan ataupun membaca informasi yang beredar di media sosial. Kalaupun menggunakan media sosial diharapkan untuk hal-hal yang positif. Tak dipungkiri, kata dia, ada kelompok atau pihak tertentu yang sengaja menyebarkan berita palsu (hoaks), isu kebencian dan SARA melalui media sosial.

“Nah kalau kita tidak teliti atau hati-hati, kita bisa terperdaya dan bantu menyebarkan informasi bohong tadi. Jadi kita harus pintar melihat dan membaca informasi yang beredar,’’tekannya.

Mantan Sekkab Sigi ini menambahkan, sebagai warga negara yang baik maka harus menggunakan hak suaranya. Pasalnya, jika berkaca dari pemilu sebelumnya masih banyak warga yang tidak menggunakan hak suaranya alias golput.

‘’Jadi sebagai warga negara yang baik maka gunakanlah hak suara anda di TPS. Jangan jadi golput,“ kuncinya.

Ia menambahkan, ajakan untuk mendukung pemilu damai serta tidak golput itu tidak hanya ditujukan kepada orang lain tapi juga terutama kepada anggota keluarganya dan juga seluruh karyawan perusahaan yang dipimpinnya.

Reporter: Djunaedi
Editor: Elwin Kandabu

Ayo tulis komentar cerdas