Home Pendidikan

Dana BOS Mulai Dicairkan

Irwan Lahace. (Foto: Metrosulawesi/ Moh Fadel)
  • Disdikbud Sulteng: Hati-Hati Cairkan Dana BOS

Palu, Metrosulawesi.id – Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Sulawesi Tengah Irwan Lahace mengungkapkan untuk pencairan Dana Bantuan Oprasional Sekolah (BOS) triwulan 1 baru dicairkan pada 1 April tahun 2019 ini.

“Kenapa baru dicairkan, karena dalam pencairan dana BOS ini kita mengikuti regulasinya, bukan karena kita ketakutan, tetapi kita berhati-hati, jangan sampai pihak sekolah salah membelanjakan. Bahkan dalam Rapat Koordinasi, saya juga sudah tekankan bahwa sumber dana BOS itu jelas menunya, kemudian bantuan sumbangan dan pungutan dari orang tua itu jelas peruntukannya,” kata Irwan di ruang kerjanya, Senin, 1 April 2019.

Bahkan kata Irwan, dalam pembelajaan dana BOS itu harus dipisahkan sumber dana BOS dan sumber dana dari Bansos maupun bantuan pusat. Semua ini harus dipisahkan, agar tidak terjadi tumpang tindih.

“Kita memang dalam mencairkan dana BOS ini sedikit lambat, tetapi bukan karena kesengajaan, tetapi karena kehati-hatian kita untuk menyalurkanya,” ujarnya.

Irwan mengungkapkan semua sekolah sudah bisa untuk melakukan pencairan dana BOS, utamanya sekolah negeri.

“Sementara dana BOS untuk sekolah swasta kami masih proses, untuk SP2D hari ini juga (kemarin-red),” ungkapnya.

Selain itu, Irwan mengingatkan kepada kepala sekolah agar mengelola dana BOS dengan hati-hati.

“Kita jangan takut, tetapi kita harus hati-hati mengelolanya. Dalam artian selalu merujuk kepada aturan yang berlaku,” katanya.

Reporter: Moh Fadel
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas