Partai politik di Kota Palu saat deklarasi kampanye damai Pemilu 2019. (Foto: Ist)

Palu, Metrosulawesi.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Palu belum menerima pemberitahuan dari partai politik yang ingin melakukan kampanye rapat umum di Kota Palu. 15 partai politik yang terdaftar di KPU Kota Palu belum satupun yang berkampanye terbuka.

Komisioner KPU Kota Palu, DR Risvirenol, mengakui hingga 28 Maret 2019 belum satupun partai politik yang melaporkan jadwal kampanye rapat umum.

“Sejak tahapan kampanye rapat umum dimulai 24 Maret 2019, belum ada partai yang memberikan pemberitahuannya kepada KPU. Kami tidak tahu apa alasannya, yang jelas KPU sudah mengatur jadwalnya dan semua partai sudah menerima,” ujar Risvirenol.

Berdasarkan jadwal kampanye yang disusun KPU Kota Palu dan telah disepakati seluruh partai politik, setiap partai di Kota Palu memiliki jadwal kampanye selama 15 hari berturut-turut. Sedangkan 6 hari sisanya digunakan untuk kampanye lainnya.

Berdasarkan Peraturan KPU (PKPU), kampanye rapat umum dan iklan media massa yakni 24 Maret hingga 13 April 2019. Walaupun partai politik tidak menggunakan jadwal kampanye, KPU berharap partai politik tetap menyampaikan kepada masyarakat program-program mereka, sehingga masyarakat dapat menentukan partai mana yang menjadi pilihan.

“KPU sudah mengatur dan menyusun semuanya, selanjutnya kami serahkan ke partai politik untuk menggunakan jadwal kampanye mereka,” tegasnya.

Reporter: Elwin Kandabu

Ayo tulis komentar cerdas