Mohamad Hidayat. (Foto: Ist)

Palu, Metrosulawesi.id – Sekretaris Daerah Provinsi Sulteng mengajak semua pihak bersama-sama berperan mencegah penyakit jantung dan pembuluh darah. Ajakan itu secara khusus disampaikan kepada Yayasan Jantung Sehat Indonesia (YJSI) Cabang Sulawesi Tengah.

“Yayasan Jantung Sehat Indonesia memiliki visi pelopor gaya hidup sehat dengan misi meningkatkan pengetahuan dan kesadaran masyarakat akan pentingnya upaya pencegahan penyakit jantung dan pembuluh darah melalui pemasyarakatan atau panca usaha jantung sehat yaitu seimbang gizi, enyahkan rokok, hindari stres, awasi tekanan darah, taqwa dan aktif berolahraga,” ujar Hidayat saat pelantikan ketua dan pengurus YJSI Cabang Buol Periode 2019-2024 baru-baru ini.

Hidayat yang juga selaku Ketua YJSI Cabang Sulteng mengungkapkan penyakit jantung sampai saat ini masih merupakan masalah yang cukup kompleks. Itu karena saat YJSI dibentuk pada 9 Nopember 1981, penyakit jantung dan pembuluh darah baru menduduki urutan ke 11 penyebab kematian di Indonesia. Namun kini terus meningkat dari tahun ke tahun.

“Harapan saya kepada seluruh pengurus sekalian kiranya mampu menyusun cara dan strategi tepat untuk meĺakukan pencegahan, khususnya melalui penyuluhan kepada kaum muda kedalam program kreatif sesuai dunia insan millenial saat ini. Perlu juga pelibatan para badan usaha dalam menyalurkan dana CSR dibidang kesehatan, khususnya kesehatan jantung terus di dorong dan dilakukan secara simultan serta terintegrasi mengkerjasamakan dengan instistusi lain termasuk perangkat daerah yang memiliki kesamaan visi-misi,” ucap Hidayat.

Dia mengatakan kepada pengurus bahwa tantangan kedepan semakin berat, untuk itu diharapkan tidak mengurangi tekad dan optimisme untuk berjuang dalam mewujudkan Indonesia sehat dari Sulawesi Tengah.

“Olehya sekecil apapun amanah yang diemban pengurus harus ditunaikan dengan sungguh-sungguh, jangan ada tekanan apalagi paksaan karena dengan menjadi pengurus berarti sudah siap mengkondisikan diri,” katanya.

“Pengurus harus bekerja ikhlas tanpa pamrih guna memantapkan kiprah Yayasan Jantung Sehat Indonesia sebagai agen kesehatan yang memasyarakatkan pentingnya gaya hidup sehat, khususnya panca usaha jantung sehat demi mengurangi resiko penyakit jantung dan pembuluh darah,” tandas Hidayat.

Reporter: Michael Simanjuntak
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas