Home Palu

Parpol di Palu Kampanye 15 Hari Nonstop

365
KPU Kota Palu melaksanakan rapat koordinasi terkait kampanye rapat umum dengan seluruh peserta pemilu, Pemerintah Kota Palu dan media massa, Sabtu 16 Maret 2019. (Foto: Ist)

Palu, Metrosulawesi.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Palu mengatur kampanye rapat umum selama 15 hari nonstop bagi 15 partai politik yang terdaftartar di KPU Kota Palu. Jadwal kampanye tersebut telah disepekati seluruh partai politik yang hadir dalam Rapat Koordinasi (Rakor) Jadwal Kampanye Rapat Umum Pemilu Serentak 2019, Sabtu 16 Maret 2019.

Sesuai tahapan Pemilu 2019, 24 Maret sampai 13 April 2019 merupakan tahapan kampanye rapat umum dan iklan media massa. Dari 21 hari jadwal yang diberikan UU, partai politik di Kota Palu akan memanfaatkan 15 hari kampanye secara nonstop, sedangkan 6 hari sisanya akan diatur untuk kampanye Presiden dan lainnya.

“Kami atur sedemikian rupa untuk memberikan kesempatan dan ruang yang sama kepada seluruh partai politik. Tidak ada perlakuan beda kepada 15 partai peserta Pemilu di Kota Palu, disatu lokasi akan dipakai seluruh partai politik dengan durasi yang sama,” ujar Komisioner KPU Kota Palu, Dr Risvirenol, saat memaparkan peta lokasi kampante rapat umum.

Untuk lokasi kampanye rapat umum, KPU Kota Palu merekomendasikan beberapa tempat yang tersebar di 8 Kecamatan di Kota Palu, yakni Kecamatan Tawaeli lapangan bola Samudra Pantoloan dan lapangan bola Bina Surya Lambara, Kecamatan Palu Utara lapangan PESMA dan lapangan bola Kayumalue Ngapa, Kecamatan Palu Timur lapangan bola Abadi dan lapangan TVRI, Kecamatan Mantikulore lapangan bola Tanamondindi dan lapangan STQ.

Untuk Kecamatan Palu Selatan lapangan Tangkasi dan lapangan Petobo, Kecamatan Tatanga lapangan Rusunawa dan tanah lapang dekat Galara, Kecamatan Palu Barat lapangan Gelanggang Mahasiswa sedangkan Kecamatan Ulujadi yakni lapangan Buluri dan lapangan Ulujadi.

Penentuan lokasi itu memperhatikan beberapa pertimbangan, diantaranya lokasi parkir dan tidak menganggu jalannya lalulintas. Sebab beberapa lokasi yang ditawarkan tidak memenuhi syarat karena mengganggu kenyamanan pengguna jalan raya akibat tidak ada lokasi parkir.

“Dari semua lokasi itu, nantiny ada yang dua kali menggelar kampanye rapat umum untuk semua partai dan ada hanya sekali,” ujar Risvirenol yang juga koordinator Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Parmas dan SDM.

Sementara itu, untuk iklan media massa KPU Kota Palu akan mengundang seluruh media yang ada di Kota Palu guna membahas teknis iklan dimedia masing-masing. Hal tersebut dilakukan untuk memberikan ruang dan harga yang sama kepada peserta Pemilu sesuai dengan kondisi media masing-masing.

“Insya Allah habis rapat di KPU Provinsi nanti kami akan melakukan pertemuan denga media di Kota Palu. Bukan untuk mengatur harga tapi ingin memastikan setiap media memberikan kesempatan dan harga yang sama kepada seluruh perserta Pemilu dengan memperhatikan kondisi media masing-masing,” ujar Ketua KPU Kota Palu, Aguusalim Wahid, sebelum menutup rapat pleno.

Reporter: Elwin Kandabu

Ayo tulis komentar cerdas