Mariyono. (Foto: Fikri Alihana/ Metrosulawesi)

Palu, Metrosulawesi.id – Sepanjang tahun 2019 ini, Bank Negara Indonesia (BNI) yang bergerak di bidang syariah menargetkan penghimpunan Dana pihak ketiga (DPK) tumbuh sebesar 45 persen.

Branch Manager BNI Syariah Cabang Palu, Mariyono mengungkapkan di tahun 2018 pihaknya mendapatkan penghimpunan dana pihak ketiga (DPK) tumbuh diangka 40 persen.

“Sampai dengan saat ini jumlah dari keseluruhan total nasabah DPK kurang lebih sekitar 23.600. Sedangkan, untuk dana yang tersimpan di BNI Syariah diangka Rp133 miliar rupiah. Nasabah tabungan sekitar 22 ribu, sisanya Giro dan Deposito

Mariyono juga mengatakan tahun ini ada beberapa program dari BNI Syariah yang pertama ialah Semarak Berkah Hasanah. Tujuan dari program ini diperuntukkan bagi nasabah yang ingin menempatkan dananya baik itu berupa tabungan, deposito maupun Giro.

“Nanti kita bisa memberikan souvenir dengan nilai berupa barang maksimal 2% dari nilai penempatannya. Misalkan, kalau nasabah menempatkan dana Rp50 juta rupiah. Maka, selama setahun kita hitung mendapatkan souvenir senilai Rp1 juta,” katanya belum lama ini di Palu.

Lanjut dia, BNI Syariah juga ada program optimal tabungan prima. Sementara, pihaknya dalam memasarkan produk masuk dalam semua market segmen baik itu, pendidikan, lembaga pemerintah, karyawan swasta dan UMKM.

“Kami berharap dengan adanya beberapa program seperti ini BNI Syariah dapat menambah DPK. Selain program itu, kami juga punya program interen dalam hal ini pemberian hadiah,” ungkapnya.

Kemudian, Mariyono mengungkapkan BNI juga mempunyai program adalah mengajak instansi untuk hijrah ke bank syariah. Salah satu contoh instansi pendidikan membawa siswa untuk membuka tabungan simpanan pelajar (Simpel) di BNI Syariah.

“Atas instansi tersebut BNI Syariah memberikan insentif berupa souvenir sama dengan nasabah tabungan, deposito maupun Giro. Contohnya, 50 siswa buka tabungan di sini, maka tabungan/rekening mereka dapat tambahan Rp5 ribu rupiah per rekening,”ujarnya

Lebih lanjut Mariyono mengatakan, dari 51 sampai dengan 99 siswa uang membuka tabungan di BNI Syariah akan mendapatkan dana sebesar Rp15 ribu rupiah per tabungan. Selain itu, BNI Syariah juga mempunyai program Indonesia Berhaji dengan memasarkan produk IB Baitullah.

“Kalau di atas dari itu nilainya Rp20 ribu per rekening pelajar. Selain itu, kami akan menerbitkan kartu haji di mana kartu tersebut bisa digunakan menarik tunai di Mekkah maupun di Mandina Arab Saudi bagi nasabah yang ingin menempatkan dana tabungan haji,” tuturnya.

Reporter: Fikri Alihana
Editor: Pataruddin

Ayo tulis komentar cerdas