Caleg DPRD Sulteng, Hj. Nilam Sari Lawira, SPMP, memberikan edukasi tata cara pencoblosan kertas suara Pemilu 2019 di Desa Kalukubula, Kecamatan Biromaru, Kabupaten Sigi, Jumat 15 Maret 2019. (Foto: Dok Metrosulawesi)

Sigi, Metrosulawesi.id – Calon Legislatif (Caleg) Partai Nasional Demokrat (NasDem) kembali turun lapangan melakukan sosialisasi tata cara pencoblosan kertas suara pada Pemilu 2019. Setelah di Kecamatan Biromaru, kali ini giliran di Kecamatan Dolo Induk, Jumat 15 Maret 2019, sore.

Diawali di Desa Maku, Kecamatan Dolo Induk, Kabupaten Sigi, Caleg DPRD Sulteng Partai NasDem, Hj. Nilam Sari Lawira, SP,MP, menemui warga Desa Maku di salah satu rumah relawan. Caleg daerah pemilihan Sulteng VI (Kabupaten Sigi dan Donggala) ini, Nilam Sari, saat sosialisasi didampingi Anggota DPRD Kabupaten Sigi dari Partai NasDem, Hafid Laturadja, S.Sos.

Pentingnya edukasi politik khususnya mekanisme pencoblosan kertas suara, kata Nilam Sari, tidak lain agar konsituennya dalam menyalurkan hak suaranya sah.

‘’Warga yang memilih saya, harus diberikan edukasi dalam cara mencoblos saat di TPS nanti. Hak suaranya harus sah,’’ kata Nilam Sari kepada Metrosulawesi.id.

Sosialisasi pencoblosan di Desa Maku, Kecamatan Dolo Induk, Kabupaten Sigi. (Foto: Dok. Metrosulawesi)

Tata cara pencoblosan kertas suara pada Pemilu 2019 juga dilakukan di Desa Kalukubula, Kecamatan Biromaru. Dihadapan warga yang mayoritas  kaum perempuan, Nilam Sari dengan nomor urut 5 ini, menjelaskan setiap pemilih mendapatkan lima lembar kertas suara.

‘’Ibu-ibu di TPS nanti akan diberikan lima lembar kertas suara. Yang membedakan dari kertas suara itu adalah warna kertas suara. Dimana warna abu-abu untuk pemilihan presiden dan wakil presiden, warna kuning untuk DPR RI, warga biru untuk DPRD Provinsi, warna hijau untuk DPRD Kabupaten, dan warna merah untuk calon DPD,’’ jelas Nilam Sari sembari memperlihatkan sampel kertas suara untuk DPRD Provinsi berwarna biru.

Pada kesempartan itu, Nilam Sari, menngharapkan warga untuk cermat dalam memilih pada kertas suara. Partai NasDem dengan nomor urut 5, Secara tegas dipaparkan untuk pilpres untuk memilih pasangan nomor urut 1 yakni Jokowi-Ma’ruf Amin. Pilihan DPR RI, nomor urut satu yakni H. Ahmad Ali, SE, Sedang DPRD Provinsi yang berwarna biru, coblos nomor 5 yang tere=tera nama Hj. Nilam Sari Lawira, SP.MP.

Hj. Nilam Sari Lawira, SP,MP Caleg DPRD Provinsi Sulteng dari Partai NasDem. (Foto: Dok. Metrosulawesi)

‘’Ingat ibu-ibu. coblos nomor urut 5 untuk DPRD Provinsi. Satu kali coblos, terserah dicoblos di kolom nomor urut atau kolom nama Nilam Sari Lawira,’’ pinta Nilam Sari.

Pada tatap muka dengan warga di dua desa di Kecamatan Dolo dan Biromaru, istri dari Ahmad Ali ini, memperkenalkan Caleg DPRD Sigi dari Partai NasDem yang hadir. Caleg NasDem dapil satu, Hafid Laturadja, S.Sos. Hafid Laturadja saat ini merupakan Ketua Fraksi NasDem di DPRD Sigi. (*)

Reporter: Elwin

Ayo tulis komentar cerdas