Ilman Usman. (Foto: Ist)

Palu, Metrosulawesi.id – Kepala SMP Negeri 19 Palu Ilman Usman mengungkapkan akan mengevaluasi hasil tambahan jam belajar yang diberikan oleh pihak sekolah kepada siswa kelas III tiap sore. Bentuk evaluasi itu melalui ujian Try Out.

“Pelaksanaan Try Out kerap dianggap tidak penting, tetapi sebenarnya sangat penting, sebab lewat Try Out sekolah bisa evaluasi dari hasil belajar siswa selama ikuti tambahan jam belajar yang diberikan kepada siswa,” ujar Ilman belum lama ini.

Ilman mengatakan untuk try out di SMPN 19 Palu berjalan sesuai dengan arahan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Palu, yaitu dimulai pada pukul 13.30 Wita. Dengan tujuan agar Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) kelas tujuh dan delapan tidak terganggung dengan adanya try out tersebut.

“Jadi hari ini (kemarin, Red) seluruh SMP se Kota Palu melaksanakan try out, untuk lebih melatih siswa mengikuti ujian nasional nantinya. Untuk SMPN 19 Palu sendiri sudah melaksanakan try secara mandiri, dengan berbasis komputer beberapa waktu lalu, jadi try out ini sangat penting, untuk mengevaluasi hasil dari pemberian tambahan jam belajar siswa, sehingga dapat diketahui apa saja kelemahan siswa,” ujarnya.

Usai pelaksanaan try out, kata dia, pihaknya akan mencoba bertanya langsung kepada para siswa mengenai soal yang try out tersebut.

Menurutnya, soal try out tersebut tidak terlalu susah dan seluruh soal sesuai dengan kisi-kisi yang diberikan pada tambahan jam belajar tersebut. Hanya saja, soal-soal yang diberikan dalam bentuk yang berbeda-beda.

“Soal-soal try out tersebut merupakan soal yang disusun oleh instruktur-instruktur yang dilibatkan oleh Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) se Kota Palu,” ungkapnya.

“Semoga pelaksanaan try out ini dapat memberikan gambaran kepada kita apa saja yang menjadi kekurangan dari siswa SMPN 19 Palu, apalagi pemeriksaan hasil jawaban try out tersebut dengan menggunakan scanner komputer, sehingga diharapkan dapat memberikan hasil yang maksimal dan menjadi bahan bagi guru untu meningkatkan pemahama terhadap materi-materi yang masih belum dipahami dengan baik oleh para siswa,” harapnya.

Reporter: Moh Fadel
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas