Sunardiyanto. (Foto: Dok Metrosulawesi)

Palu, Metrosulawesi.id – Kepala SMP Negeri 11 Palu Sunardiyanto mengungkapkan saat ini pihaknya tengah fokus membenahi lingkungan sekolah.

Menurutnya, salah satu faktor yang membuat lingkungan belajar yang menyenangkan adalah terciptanya lingkungan yang bersih, indah dan tertib.

“Untuk membenahi lingkungan sekolah itu, tentunya perlu keterlibatan seluruh pihak yang ada di sekolah tersebut. Untuk itu, saya memastikan ada keterlibatan penuh oleh siswa dan guru dalam hal menciptakan lingkungan yang bersih,” ujar Sunardiyanto di palu belum lama ini.

Sunardiyanto mengaku akan membentuk sistem zonasi komunitas lingkungan. Contohnya, dalam menjaga kebersihan lingkungan sekolah akan dibagi per wilayah, dan tiap wilayah ada beberapa guru bertanggungjawab di masing-masing kelas, untuk membuat lingkungannya sesuai yang diinginkan.

“Berdasarkan pengalaman, penerapan hal itu selalu bergerak secara progesif. Disamping itu untuk memacu motivasi komunitas tiap zona. Dan tiap kelas kerap diadakan lomba antar kelas yang berwawasan lingkungan dengan instrument yang mengadopsi kriteria sekolah adiwiyata. Sehingga terbentuk rasa tanggungjawab dari para guru dan siswa,” katanya.

Selain fokus membenahi lingkungan sekolah, saat ini Sunardiyanto juga fokus mempersiapkan segala sesuatu yang berkaitan dengan pembukaan Olimpiade Sains Nasional (OSN) tingkat Kota Palu dimana SMPN 11 Palu sebagai tuan rumah. Olehnya itu, saat ini SMPN 11 Palu terus membenahi lingkungan.

Sementara kata dia, pihaknya juga tengah memperbaiki kantin sekolah, karena menurut BPOM kantin yang lama kurang layak.

“Kami berharap kantin sekolah sudah bisa terpakai, ketika acara pembukaan OSN digelar, sehingga urusan kepanitiaan, sarana pendukung dan lainnya dapat melalui kantin sekolah tersebut,” ujarnya.

Reporter: Moh Fadel
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas