Ilustrasi. (Foto: Ist)

Palu, Metrosulawesi.id – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Provinsi Sulteng terus menambah stok blangko E-KTP di daerahnya. Sekretaris Disdukcapil Sulteng Moh Risal Damsud mengungkapkan dalam waktu dekat sebanyak 40.000 keping blangko E-KTP akan didatangkan dari Jakarta.

“Tanggal 20 Maret pak Kadis akan pergi ke Jakarta mengambil tambahan stok blangko sebanyak 40.000 keping,” ungkap Risal kepada Metrosulawesi, Selasa, 12 Maret 2019.

Dia mengatakan tambahan blangko E-KTP tersebut akan didistribusikan ke Disdukcapil kabupaten/kota. Untuk saat ini, Disdukcapil Sulteng masih memiliki 7.500 keping blangko E-KTP.
“Sebelumnya stok blangko E-KTP ada 16.000 keping, tapi sebagian sudah didistribusikan ke kabupaten/kota,” ujarnya.

Risal menambahkan pihaknya terus menggenjot perekaman dan pencetakan E-KTP agar masyarakat bisa menggunakan hak pilih dalam Pemilu pada 17 April mendatang. Saat ini kata dia ada beberapa kabupaten telah tuntas melakukan pencetakan E-KTP.

“Makanya kita tidak bisa kosong blangko karena beberapa kabupaten/kota masih butuh,” tandas Risal.

Sebelumnya Kepala Disdukcapil Sulteng Abd Haris Yatolembah mengungkapkan pihaknya gencar melakukan pencetakan e-KTP. Tujuannya agar masyarakat bisa menggunakan hak pilih dalam Pemilu Legislatif dan Presiden pada April mendatang.

“Kami juga melakukan jemput bola ke sekolah-sekolah dan lembaga pemasyarakatan dengan membuka pelayanan rekam dan cetak e-KTP,” ungkap Haris, Rabu, 6 Februari 2019.

Fokus target pencetakan e-KTP dikatakan berada di Banggai Kepulauan (Bangkep) yang harus digenjot perekaman dan pencetakannya. Haris mengatakan ia telah memberangkatkan dua orang petugas membantu pelayanan e-KTP di Bangkep.

“Saya sudah turunkan dua orang ADB, Insya Allah satu minggu nanti sudah tuntas itu,” kata Haris.

Sementara untuk Kota Palu, Disdukcapil memfokuskan perekaman dan pencetakan e-KTP kepada masyarakat peserta padat karya. Itu karena peserta padat karya harus memiliki e-KTP sebagai persyaratan menerima upah non tunai melalui transfer bank. Kepada masyarakat umum, Haris kembali mengimbau agar proaktif mendatangi Disdukcapil kabupaten/kota melakukan perekaman dan pencetakan e-KTP.

“Saya juga berharap kepada semua pihak mulai dari LSM, Partai Politik dan elemen masyarakat lainnya agar mengingatkan keluarganya mengurus dokumen kependudukan,” tandas Haris.

Reporter: Michael Simanjuntak
Editor: Udin Salim

Ayo tulis komentar cerdas