Presly Tampubolon saat berbicara pada Kongres Bencana di Lapangan Vatulemo, Senin, 11 Maret 2019. (Foto: Ist)

Palu, Metrosulawesi.id – Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Palu, Presly Tampubolon mengungkapkan dalam proses penanganan bencana sejak 28 September 2018 lalu, pemerintah selalu menempatkan diri bersama masyarakat.

“Perlu diketahui, kami telah melakukan langkah-langkah penanganan, mulai dari penanganan korban, menyiapkan logistik, serta perlidungan. Semua itu kami lakukan secara bersama-sama dengan masyarakat dan berbagai pihak yang berpartisipasi,” ujar Presly dihadapan warga Palu Sigi dan Donggala (Pasigala) pada Kongres Bencana di Lapangan Vatulemo, Senin, 11 Maret 2019.

Kata Presly, saat ini Provinsi Sulteng sudah sampai masa transisi, dan pada masa ini Pemerintah Kota Palu telah mempersiapkan Hunian Sementara (Huntara) agar warga tidak lama berada di tenda-tenda darurat.

“Saat ini pun Pemkot Palu mempercepat persiapan Huntap (hunian tetap). Langkah-langkah ini adalah upaya kita, dan kita harus sama-sama berjuang, masyarakat juga berjuang, kami juga berjuang,” katanya.

“Untuk itu marilah kita menyatukan perjuangan itu agar semua lebih cepat. Sebagai bukti percepatan itu, maka kami tengah memproses semua data-data, khususnya data peruntukan dana stimulan, kami proses cepat datanya. Maka kami berharap semua dapat bekerjasama, sehingga data ini cepat tervalidasi, dan kita usulkan, kemudian meminta pencairannya,” jelasnya.

Kata Presly, semuanya data itu sudah diusulkan ke pusat, bahkan data korban-korban untuk tunjangan duka juga sudah diusulkan ke pusat.

“Yang belum terdata, kami juga kembali melakukan pendataan. Inilah langkah-langkah kita lakukan, bahkan logistik sampai saat ini pemerintah daerah biayai, agar semua logistik berkelanjutan,” ungkapnya.

Presly mengungkapkan, data tersebut harus divalidasi oleh PUPR, agar semua data tepat sasaran, baik itudana stimulan untuk rusak ringan, berat dan sedang.

“Itu semua harus terklasifikasi. Kami juga siang malam menvalidasinya agar semua cepat,” katanya.

Presly menegaskan pihaknya bersama pemerintah provinsi ingin hal itu terealisasi secepatnya.

“Oleh sebab itu, kami mengajak masyarakat agar bersama-sama bersatu. Pemerintah juga ingin cepat dan memahami penderitaan masyarakat, karena kita semua terdampak bencana,” ujarnya.

Reporter: Moh Fadel
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas