Home Donggala

Kasman: Mangrov Selamatkan Daerah Pesisir

463
MENJAGA LINGKUNGAN - Suasana penanaman 3.000 bibit mangrove di pesisir pantai Kelurahan Kabonga Besar, Donggala, Senin 11 Maret 2019. (Foto: Tamsyir Ramli/ Metrosulawesi)
  • 3.000 Mangrove Ditanam di Kabonga Besar

Donggala, Metrosulawesi.id – Sebanyak 3.000 bibit mangrove ditanam di sepanjang pesisir pantai di Kelurahan Kabonga Besar, Kecamatan Banawa, Donggala, Senin 11 Maret. Penananman magrove tersebut diinisiasi oleh Balai Pengelolaan DAS dan Hutan Lindung Palu-Poso, TNI, Kementerian Pertanian, Kemenpan, dan Pemprov Sulteng.

Kegiatan penanaman yang mengambil tema ‘Penanaman Magrov Dalam Upaya Peningkatan Pengetahuan dan Membangun Peran Perempuan Dalam Mitigasi Bencana dan Perubahan Iklim di Wilayah Pesisir’ itu dilaksanakan di sepuluh titik secara serentak sesuai dengan agenda nasional. Yakni Sumatera Utara, Lampung, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Kalimantan, Gorontalo, NTB, Maluku, dan Sulteng tepatnya Donggala.

Bupati, Kasman Lassa mengatakan, tanaman mangrov merupakan tanaman penyelamat bagi wilayah yang ada di pesisir pantai. Utamanya pada saat terjadinya bencana pada tanggal 28 September 2018 lalu. Pohon mangrov kata Kasman, dapat membendung tsunami, sehingga wilayah yang ada di pesisir pantai dapat terlindungi.

“Atas nama pemerintah berterimakasih kepada instansi atau kementerian yang telah melakukan kegiatan penanaman mangrov di Kabupaten Donggala, karena mangrov merupakan tanaman yang kuat dan strategis,” kata Kasman.

Gubernur Sulteng yang diwakili Staf Ahli Gubernur Bidang Pemerintahan Hukum dan Politik, Hj. Sitti Norma Mardjanu mengapresiasi penanaman pohon mangrov tersebut.

“Saya berharap kegiatan penanaman mangrov dapat ditiru secara luas oleh setiap instansi baik itu Negeri, TNI /Polri dan Swasta maupun secara swadaya oleh kelompok-kelompok masyarakat. Menanam pohon adalah kegiatan yang sungguh mulia dan semestinya dapat kita tularkan menjadi gaya hidup kekinian,” ujarnya.

Reporter: Tamsyir Ramli
Editor: Udin Salim

Ayo tulis komentar cerdas