Home Politik

KPU Sulteng Tegaskan Tak Ada WNA Masuk DPT

Halimah. (Foto: Ist)

Palu, Metrosulawesi.id – Divisi Perencanaan dan Data Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulteng, Halimah menegaskan, tidak ada warga negara asing (WNA) masuk dalam daftar pemilih tetap (DPT) Pemilu 2019.

Hal itu dikemukakan Halimah saat dikonfirmasi mengenai berita bahwa ada 103 dari 1.680 warga negara asing (WNA) yang punya e-KTP tercatat dalam DPT Pemilu 2019.

“Yang melakukan penyandingan KPU RI langsung. Kebetulan data Sulteng aman dari WNA,” jelas Halimah, Selasa 5 Maret 2019.

Meskipun DPT Sulteng aman dari WNA, namun KPU Sulteng telah memerintahkan KPU kabupaten kota agar berkoordinasi dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) masing-masing.

“Sejauh ini belum ada informasi dari kabupaten kota. Saya sudah perintahkan teman-teman untuk melakukan koordinasi dengan Dukcapil terkait masalah tersebut, terlebih lagi bagi kabupaten yang memiliki potensi industri yang melibatkan TKA,” ungkap Tanwir Lamaming.

Sebelumnya diberitakan, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Palu mencatat sebanyak 17 WNA telah memiliki KTP, namun bukan KTP elektronik (e-KTP).

Menurut Plt Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Palu Alfrin Magdalena, WNA yang memiliki KTP tersebut telah memenuhi syarat mempunyai KTP, sebab mereka memiliki surat izin tinggal tetap.

“Namun para WNA ini sesuai aturan KPU, memang tidak mempunyai hak pilih, pada pemilihan umum Presiden, Wakil Presiden dan Legislatif,” ujar Alfrin kepada Metrosulawesi, baru-baru ini.

Reporter: Syamsu Rizal

Ayo tulis komentar cerdas