Home Palu

IPKEMINDO Sulteng Terbentuk

MUSWIL - Jajaran Kemenkumham Sulteng saat mengikuti pembukaan Muswil DPW IPKEMINDO oleh Kakanwil Zulkifli di Palu, Senin, 4 Maret 2019. (Foto: Ist)

Palu, Metrosulawesi.id – Dewan Pengurus Wilayah (DPW) Ikatan Pembimbing Kemasyarakatan Indonesia (IPKEMINDO) Provinsi Sulawesi Tengah dan Kota Palu resmi terbentuk melalui Musyawarah Wilayah (Muswil) di Aula Kantor Balai Pemasyarakatan Klas II Palu Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Tengah (Kemenkumham), Senin, 4 MARET 2019.

Muswil dibuka oleh Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Sulteng Zulkifli didampingi Kepala Divisi Administrasi Manus Johnly, Kepala Balai Pemasyarakatan Klas II Palu Syahril dan Kepala Balai Pemasyarakatan Klas II Luwuk Syahruddin.

Zulkifli mengatakan sesuai Peraturan Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Permenpan RB) Nomor 22 tahu 2016 tentang Jabatan Fungsional Pembimbing Kemasyarakatan dan Permenpan RB Nomor 23 tahun 2016 tentang Asisten Pembimbing Kemasyarakatan (APK).

“Pelaksanaan tugas Pembimbing Kemasyarakatan (PK) dan APK yang mandiri, akuntabel, profesional merupakan keharusan untuk dilaksanakan,” tegas dia.

PK dan APK, kata Kakanwil dituntut memiliki kompetensi yang tingi, hasil kerja berkualitas dan mampu menghadapi tantangan lembaga kemasyarakatan yang semakain dinamis. Atas dasar tersebut dibentuklah IPKEMINDO di Jakarta pada 16 September 2013.

“Pembentukan badan profesi ini dapat dijadikan sebagai payung hukum dan tempat untuk membuat keputusan yang terorganisir,” ujar Zulkifli.

Lanjutnya, pembentukan IPKEMINDO bertujuan sebagai wadah petugas PK dan APK untuk bekerja secara profesional mendapatkan rasa aman dalam melaksanakan tugas. DPW IPKEMINDO berkewajiban mengembangkan dan melaksanakan kebijakan di wilayah dalam bidang pendidikan dan penelitian maupun etika profesi PK dengan berpedoman kepada kebijakan Dewan Pimpinan Pusat (DPP).

Menurut Kakanwil, pengurus wilayah merupakan perpanjangan tangan pusat yang harus mampu melaksanakan dan mengimplementasikan program-program yang sudah dicanangkan, antara lain menguatkan organisasi, meningkatkan kesejahteraan, meningkatkan kompetensi pengembangan profesi, pengabdian kepada masyarakat dalam kerangka tujuan kemasyarakatan.

“Saya berharap dengan terbentuknya DPW IPKEMINDO kiranya dapat bersinergi, berkolaborasi dan berkoordinasi,” tandas Zulkifli.

Reporter: Michael Simanjuntak
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas