Manager Transaksi Energi PLN Area Palu, Danny Prasetyo. (Foto: Yusuf Bj/ Metrosulawesi)

Palu, Metrosulawesi.id – Listrik telah menjadi kebutuhan primer bagi masyarakat. Di era saat ini, kemudahan terhadap akses kelistrikan berbabnding lurus dengan kemajuan teknologi. Menyikapi hal ini, Perusahaan Listrik Negara (PLN) pun meluncurkan PLN Mobile guna menjawab perkembangan zaman.

“Sekarang PLN menyediakan aplikasi PLN Mobile yang masyarakat bisa install di playstore untuk hp jenis android dan berbasis IOS untuk hp merk apple. Dan aplikasi PLN Mobile itu sudah bisa di download saat ini gratis,” kata Manager Bidang Transaksi Energi PLN Area Palu, Danny Prasetyo di Palu, Selasa, 26 Februari 2019.

Kata dia, ada beberapa keuntungan jika masyarakat mendownload aplikasi tersebut, diantaranya bisa melaporkan gangguan yang terjadi pada jaringan kelistrikan.

“Melalui aplikasi itu, masyarakat bisa melaporkan jika terjadi gangguan pada listriknya, bisa bermohon pasang baru, bisa bermohon multi guna atau biasa disebut lost stroom, bisa mengecek jika terjadi permasalahan pada rekening listrik, history pembayaran listrik juga bisa dilihat melalui aplikasi itu,” ungkapnya.

Danny berharap dengan adanya aplikasi tersebut, pelanggan jadi lebih smart atau cerdas dalam menggunakan tenaga listrik.

“Artinya pelayanan kelistrikan dalam genggaman. Jadi tidak perlu telepon PLN, masyarakat tinggal masukan koordinat jika ada gangguanpada aplikasi itu, masukan ID Pel, langsung terhubung dengan PLN dan langsung ditindaklanjuti,” katanya.

“Semakin banyak masyarkat mendownload aplikasi PLN Mobile, maka akan semakin memudahkan masyarakat untuk mengakses kelistrikan,” tambahnya.

Sementara terkait penertiban jaringan listrik, Danny mengungkapkan saat ini Tim Penertiban Pemakaian Jaringan Listrik (P2TL) mulai turun melakukan penyisiran di Kota Palu.

“Seharusnya Tim P2TL ini turun pada awal Februari ini, namun jadwalnya kami ubah, kami geser ke akhir Februari. Karena Tim P2TL ini juga jalan keluar kota, dan baru balik Jumat pekan lalu. Mulai hari ini kami turun melakukan penertiban jaringan listrik di Kota Palu,” ungkapnya.

Targetnya, kata Danny, adalah pelangggan yang menggunakan jaringan listrik yang tidak sesuai prosedur PLN atau tidak resmi.

“Jadi yang kami tertibkan adalah pelanggan yang menggunakan jaringan listrik namun merugikan negara. Jadi tim ini tidak hanya melakukan penertiban, namun juga mengamankan instalasi kelistrikan pelanggan, ketika pelanggan itu bermasalah, jangan sampai instalasi itu terbakar,” katanya.

Kata Danny, tim itu juga melakukan pemeriksaan terhadap material-material kelistrikan yang digunakan pelanggan, apakah sesuai standar atau tidak.

“Karena kalau tidak sesuai standar, tentunya membahayakan pelanggan. Selanjutnya, tim P2TL juga menertibkan penggunaan tenaga listrik yang liar, karena itu akan merugikan negara,” katanya.

Danny menambahkan bahwa Tim P2TL selain terdiri dari petugas PLN Area Palu, juga akan melibatkan personil Polres Palu.

Reporter: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas