LAYANAN SPESIAL - Petugas Imigrasi Klas I Palu saat pelayanan penerbitan paspor bagi orang sakit baru-baru ini. (Foto: Ist)

Palu, Metrosulawesi.id – Kantor Imigrasi Klas I Palu menyiapkan pelayanan spesial bagi orang sakit yang ingin mengurus paspor. Kantor Imigrasi Klas I Palu menyediakan alat khusus membuat paspor bagi orang yang sakit yang disebut dengan mobile unit paspor.

Dengan begitu orang sakit tidak perlu lagi datang ke Kantor Imigrasi. Itu karena petugas Imigrasi yang akan mendatangi dan melakukan pengambilan photo dan biometrik di rumah sakit atau tempat yang ditentukan. Petugas melakukan pengambilan foto dengan menggunakan mobile unit untuk pemohon paspor yang tengah sakit.

Menurut Kepala Seksi Lalu Lintas Keimigrasian Kantor Imigrasi Kelas I TPI Palu M Firman Akhsani adanya mobile unit paspor dalam rangka meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Mobile unit paspor difungsikan bila ada pemohon yang sedang sakit dan tidak bisa datang ke kantor Imigrasi untuk membuat paspor yang digunakan untuk berobat ke luar negeri.

“Pasien tidak harus ke Kantor Imigrasi, tapi justru kami yang datangi untuk mengambil photo dan biometrik,” katanya Senin, 25 Februari 2019.

Syarat mendapatkan pelayanan mobile unit paspor cukup menunjukkan surat keterangan dari rumah sakit dan surat permohonan dari yang bersangkutan atau keluarganya. Setelah itu, petugas akan langsung mendatangi pemohon paspor untuk orang sakit tersebut.

“Keluarga dari pasien datang membawa persyaratan pembuatan paspor serta dilengkapi dengan surat keterangan dari dokter rumah sakit dan surat permohonan untuk diberikan pelayanan menggunakan mobile unit paspor,” tandas Firman.

Sebelumnya, Kantor Imigrasi Klas I Palu juga mengeluarkan terobosan layanan jemput dalam penerbitan paspor bagi Calon Jemaah Haji(CJH) di Kabupaten Tolitoli dan Kabupaten Buol. Dengan layanan itu, kini CJH dari dua kabupaten tersebut tidak harus ke Kantor Imigrasi Palu lagi.

Kapala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Palu Suparman menerangkan layanan jemput bola dilakukan berkolaborasi dengan Kementerian Agama Kabupaten Tolitoli dan Kabupaten Buol. Layanan jemput bola menggunakan mobile unit system yang dipusatkan di Kantor Wilayah Kementerian Agama Tolitoli.

“Program ini untuk memudahkan CJH mengurus paspor secara kolektif dan lebih mendekatkan pelayanan keimigrasian kepada masyarakat,” ujar Suparman didampingi Kepala Seksi Lalu Lintas Keimigrasian M Firman Akhsani dan Kepala Subseksi Pelayanan Dokumen Perjalanan Deddy Yulianto, Sabtu, 16 Februari 2019.

Layanan yang diberikan sama seperti di Kantor Imigrasi Palu yang diyakini memudahkan para CJH untuk penerbitan paspor karena tidak perlu lagi jauh-jauh ke Kantor Imigrasi Palu.

“Kami datang untuk mengambil foto, sidik jari dan keperluan dokumen lainnya,” ucap Suparman.

Dia menambahkan Kantor Imigrasi Palu yang wilayah kerjanya meliputi Kota Palu, Sigi, Parigi Moutong, Donggala, Poso, Tolitoli dan Buol telah menyiapkan dua alat mobile unit system untuk pelayanan paspor dalam musim ibadah haji 1440 Hijriah/2019 Masehi. Adapun selama pelayanan pada Sabtu, 16 Februari hingga pukul 15.30 WITA sebanyak 86 untuk Kabupaten ToliToli dan 32 orang dari Kabupaten Buol.

Sebelum membuka pelayanan itu, Suparman telah melakukan koordinasi dengan Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Toli-Toli, Jumat, 15 Februari 2019. Layanan jemput bola diharapkan dapat mempermudah CJH untuk melakukan penerbitan paspor.

Sesuai dengan keputusan Kepala Kantor Imigrasi Palu, layanan penerbitan paspor untuk CJH Kabupaten Tolitoli dan Kabupaten Buol dilakukan di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Toli-Toli.

Reporter: Michael Simanjuntak
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas