Home Ekonomi

Besok, Alfamidi Terapkan Kantong Plastik Berbayar

444
BELANJA - Suasana masyarakat saat belanja di Alfamidi. (Foto: Metrosulawesi/ Fikri Alihana)

Palu, Metrosulawesi.id – Mulai 5 Maret 2019, salah satu toko ritel modern di Kota Palu Alfamidi akan kembali memberlakukan penggunaan kantong plastik berbayar. Hal ini untuk mendukung program pemerintah menangani permasalahan sampah plastik di Indonesia.

“Sesuai dengan Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) pemberlakuan kebijakan kantong plastik berbayar kepada seluruh anggotanya mulai 1 Maret 2019. Kami dari Alfamidi yang sebagai salah satu toko ritel modern di Kota Palu akan menerapkan kebijakan tersebut mulai minggu depan,” kata Area Manager Alfamidi Palu, Didik Cahyono saat dihubungi Metrosulawesi, beberapa waktu yang lalu.

Menurutnya, lebih 1 juta setiap menitnya, dimana Indonesia menduduki peringkat ke-2 penyumbang sampah plastik ke laut. Selain itu, sampah plastik sangat sulit terurai oleh alam, dapat meracuni tanah dan laut, dan bertahan hingga 400 tahun.

“Konsumen diharapkan membawa tas belanja sendiri atau kantong plastik berbayar. Hal itu juga sejalan dengan komitmen pemerintah untuk mengurangi 30% sampah dan menangani sampah sampai 70%, termasuk sampah plastik pada 2025,” ujarnya.

Karenanya, Aprindo menyatakan turut bertanggung jawab memberikan kontribusi terhadap isu lingkungan yang beredar di masyarakat. Pihak Alfamidi juga mengimbau masyarakat agar menyediakan tas belanja pakai ulang sendiri berbentuk keranjang.

“Kami juga sudah mengimbau masyarakat tentang harga dan mekanisme penerapan kantong plastik berbayar. Namun, ada sebagian yang terima dan juga yang tidak. Maka dari itu mereka harus sediakan tas belanja sendiri,” jelas Didik Cahyono.

Ia berharap, kebijakan kantong plastik berbayar bisa membuat masyarakat lebih bijak dalam menggunakan kantong plastik. Sebab, mengubah budaya masyarakat yang sudah biasa menggunakan kantong plastik bukan perkara mudah.

Reporter: Fikri Alihana
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas