TRANSPARAN - Warga Kelurahan Boya melihat nama-nama penerima bantuan rumah rusak. (Foto: Tamsyir Ramli/ Metrosulawesi)

Donggala, Metrosulawesi.id – Berbeda dengan beberapa kelurahan lainnya, Kelurahan Boya berani menunjukan data penerima bantuan rumah secara transparan. Data itu ditempel di dinding kantor kelurahan sehingga warga bisa mengecek namanya.

“Kami berinisiatif menempel data warga penerima bantuan rumah tujuannya agar semua jelas tidak ada yang disembunyikan dan menghindari tudingan pilih-pilih dalam melakukan pendataan. Selanjutnya warga bisa melakukan komplain dengan data yang kami umumkan jika ada yang tidak berkesesuaian,” kata Risman Staf Kantor Kelurahan Boya Selasa 26 Februari 2019.

“Ini data belum final pak masih terus diperbaiki, sambil menunggu hasil verifikasi dari tim PUPR, bantuan rumah rawan pak bisa berkelahi orang makanya kami hati-hati dalam mendata,” tambahnya.

Terpisah, Kadis PUPR Donggala Hapy M Noor yang dikonfrimasi perihal teknis penyaluran dana stimulan untuk rumah korban gempa dan tsunami tidak berada di tempatnya, wartawan hanya diterima oleh tim verifikasi PUPR.

“Maaf pak kami tidak berani memberikan statement lebih jelas terkait teknis penyaluran bantuan rumah, ada atasan kami yang berhak memberikan penjelasan. Pastinya kami masih terus melakukan verifikasi hingga dua bulan ke depan,” tuturnya.

Diketahui, dana stimulan untuk korban bencana gempa dan tsunami bantuan perbaikan rumah bervariasi sesuai tingkat kerusakannya.

Reporter: Tamsyir Ramli
Editor: Syamsu Rizal

Ayo tulis komentar cerdas