Irwan Nursin. (Foto: Michael Simanjuntak/ Metrosulawesi)

Palu, Metrosulawesi.id – Gubernur H Longki Djanggola didaulat menjadi Inspektur upacara (Irup) puncak peringatan HUT Satpol PP ke-69 dirangkai HUT Linmas ke 57 dan Damkar ke 100 tingkat Provinsi Sulawesi Tengah tahun 2019.

“Bapak gubernur akan bertindak sebagai Irup sekaligus membacakan sambutan Mendagri yang kami pusatkan di STQ Palu,” ungkap Sekretaris Satpol PP Provinsi Sulteng Irwan Nursin kepada Metrosulawesi, Kamis, 28 Februari 2019.

Dia mengatakan rangkaian HUT Satpol PP, Linmas dan Damkar dimulai pada 19 hingga 23 Maret. Untuk puncak HUT sendiri berlangsung pada 20 Maret dengan pelaksanaan upacara dan donor darah. Usai puncak acara, HUT akan dilanjutkan dengan kemah kerja yang bertujuan membantu pemulihan dampak bencana. Kemah kerja akan melibatkan ratusan personil Satpol PP, Linmas dan Damkar se Sulteng.

Sasaran kemah kerja di wilayah terdampak bencana yaitu Kota Palu, Kabupaten Sigi dan Kabupaten Donggala. Melalui kemah kerja, personil Satpol PP, Linmas dan Damkar akan membantu perbaikan kantor-kantor desa dan rumah-rumah ibadah.

Selain itu, kemah kerja juga akan memberikan sosialisasi kepada masyarakat terkait langkah-langkah menghadapi kebakaran. Sosialisasi difokuskan kepada masyarakat yang berada di Huntara.

“Kemah kerja baru pertama dilaksanakan yang tujuannya membantu pemulihan dampak bencana. Karena itupula HUT Satpol PP yang seyogianya berlangsung di Tolitoli dipindahkan ke Palu. Jadi nanti kemah kerja berlangsung mulai 21 sampai 22 Maret. Kami sudah menentukan sasaran kemah kerja. Intinya kemah kerja ini dilaksanakan agar masyarakat bisa merasakan kehadiran Satpol PP, Linmas dan Damkar,” tandas Irwan.

Adapun untuk HUT Satpol PP tingkat nasional kata Irwan berlangsung pada 3-6 Maret 2019 di Riau. Kepala Satpol PP Sulteng H Mohamad Nadir bersama Sekretaris Satpol PP Irwan direncanakan hadir.

Sebelumnya, Kasat Mohamad Nadir juga berharap melalui HUT Satpol PP kali ini bisa bermanfaat bagi masyarakat.

“Harapan kami momen ulang tahun Satpol PP tahun 2019 ini, bisa bermanfaat dirasakan masyarakat, khususnya yang terdampak bencana di Kota Palu, Sigi dan Donggala,” ucap Nadir.

Reporter: Michael Simanjuntak
Editor: Udin Salim

Ayo tulis komentar cerdas