UJI COBA - Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan (KUPP) Kelas III Poso mendapat bantuan kapal patroli laut jenis Rigid Bouyant Boat (RBB), Sabtu 23 Februari 2019. (Foto: Ryan Darmawan/ Metrosulawesi)

Poso, Metrosulawesi.id – Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan (KUPP) Kelas III Poso mendapat bantuan kapal patroli laut jenis Rigid Bouyant Boat (RBB), Sabtu 23 Februari 2019. Bantuan kapal patroli jenis RBB dengan panjang 6,7 meter dan lebar 2,4 meter itu merupakan bantuan dari Direktorat Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai Kementrian Perhubungan RI.

Kapal tersebut nantinya akan digunakan oleh pihak KUPP Poso dalam rangka mendukung keselamatan keamanan di lingkungan perairan wilayah Poso.

Kepala KUPP Kelas III Poso, Nurdin Usman mengatakan, bantuan kapal baru yang diterima kantor KUPP Poso merupakan bantuan satu-satunya yang diberikan oleh Kementrian Perhubungan di wilayah Sulteng.

“Bantuan kapal untuk kami ini satu-satunya yang berada di Sulteng,” ucapnya kepada wartawan.

Menurut Nurdin Usman, kapal tersebut digunakan untuk patroli dengan menempatkan lima orang personilnya dalam melaksanakan patroli di perairan laut Poso demi menciptakan keamanan dan ketertiban laut.

“Jadi kita bersyukur dapat bantuan kapal ini, dalam rangka menciptakan keamanan dan ketertiban di wilayah perairan Poso,” jelasnya.

Usman menambahkan, sebelum melakukan patroli laut pihaknya terlebih dahulu membuat surat perintah patroli dengan sasaran setiap kapal yang dianggap mencurigakan dan kemudian dilakukan pemeriksaan.

“Patroli ini dengan sasaran setiap ada kapal yang melintas di perairan laut Poso yang dianggap mencurigakan, dan dilakukan pemeriksaan. Hal ini juga dilakukan sosialisasi pentingnya keselamatan berlayar sesuai dengan amanat UUD No 17 tahun 2008,” ujarnya.

Sementara usai menerima bantuan kapal patroli yang baru, sejumlah pegawai UPP Poso melakukan uji coba kapal yang kemudian disaksikan oleh kepala KUPP Kelas III Poso.

Reporter: Ryan Darmawan
Editor: Syamsu Rizal

Ayo tulis komentar cerdas