RAKIT - KPU Kota Palu mulai merakit 5.375 kotak suara yang akan digunakan pada Pemilu 17 April 2019. (Foto: Ist)

Palu, Metrosulawesi.id – Jelang Pemilihan Umum (Pemilu) 17 April 2019, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Palu mulai merakit kotak suara. Sebanyak 5.375 kotak suara akan dirakit hingga empat hari kedepan, dengan menggunakan tenaga perakit 25 orang.

Ketua KPU Kota Palu, Agussalim, disela-sela mengawasi pelaksanaan perakitan kepada wartawan Rabu 20 Fabruaru 2019 mengatakan, kotak suara yang dirakit yakni kotak suara untuk Pilpres, DPD RI, DPR RI, DPRD Provinsi Sulawesi Tengah dan DPRD Kota Palu.

KPU Kota Palu menggunakan Gor Madani Palu untuk melakukan perakitan sekaligus penyimpanan kotak suara sebelum didistribusi ke TPS. Ribuan kotak suara itu akan diawasi 1×24 jam oleh aparat keamanan. Akses masuk ke dalam Gor Madani Palu dibatasi hanya menjadi satu pintu.

“Februari memang jadwal perakitan kotak suara. Dalam masa perakitan kami juga memantau kondisi kotak suara, jangan sampai ada yang rusak. Bilan ditemukan rusak, KPU akan melaporkan ke KPU Provinsi untuk segera ditindak lanjuti,” kata Agussalim.

Berdasarkan kebutuhan kotak suara Kota Palu, jumlah yang dirakit sekarang masih kurang dari kebutuhan. KPU sudah menyampaikan ke KPU RI melalui KPU Provinsi.

Untuk kotak suara sendiri, KPU Kota Palu membutuhkan 5.483 buah, tinta 2.158 botol, segel 131.936 keping dan bilik pemungutan suara 4.316 buah. Harapannya kekurangan yang ada segera terpenuhi sebelum Pemilu.

Reporter: Elwin Kandabu

Ayo tulis komentar cerdas