Palu, Metrosulawesi.id – Gempa bumi berkekuatan magnitudo 4,5 skala ritcher (SR) mengguncang Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah, Rabu 20 Februari 2019.

Gempa bumi tektonik mengguncang wilayah itu sekitar pukul 09:52 WITA, tepatnya di wilayah Desa Tambu, Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah.

“Hasil analisis BMKG menunjukkan informasi awal gempa bumi ini berkekuatan magnitudo 4,5. Episenter gempabumi terletak pada koordinat 0.03 LS – 119.81 BT atau tepatnya berlokasi di Teluk Tambu, 8 kilometer arah barat Tambu (Donggala),  Sulawesi Tengah, pada kedalaman 10 kilometer,” ungkap Kepala Stasiun Geofisika Palu Cahyo Nugroho dalam rilisnya.

“Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, tampak bahwa gempa bumi ini termasuk dalam klasifikasi gempa bumi dangkal akibat aktivitas  Sesar Tambu,” ujar dia.

Berdasarkan laporan masyarakat, gempa  bumi ini dirasakan III MMI di Sirenja, II MMI di Talise dan Donggala. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi tidak berpotensi tsunami.  Kepada masyarakat BMKG mengimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

“Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi.”

Masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan terus mengikuti informasi BMKG. (*)

Reporter: Tahmil Burhanudin

Ayo tulis komentar cerdas