Rudi Abdullah. (Foto: Moh Fadel/ Metrosulawesi)

Palu, Metrosulawesi.id – SMP Labschool Universitas Tadulako Palu mulai membuka Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB). Pihak sekolah mengimbau agar masyarakat Kota Palu dan sekitarnya segera mendaftarkan anaknya di sekolah tersebut.

“Jadwal PPDB SMP Labschool Palu dibuka sejak 4 Februari-29 Maret. Rencana tes seleksi dilaksanakan 31 Maret, sementara untuk pendaftaran ulang yang sudah dinyatakan lulus masuk di SMP Labschool Palu dilaksanakan 1-4 April 2019,” jelas Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan SMP Labschool Untad Palu, Rudi Abdullah, Senin, 18 Februari 2019.

Selain itu, Rudi mengatakan rencana kuota yang akan diterima SMP Labschool Palu tahun ini sebanyak 100 peserta didik yang dibagi kedalam empat ruang kelas. Jika ruangan kelas masih ada yang kosong, kemungkinan besar kuota itu akan bertambah.

“Saat ini jumlah pendaftar telah mencapai 10 peserta didik, itupun kami belum menyampaikannya secara luas ke masyarakat umum,” ujarnya.

Rudi mengatakan, metode seleksi PPDB kali ini menggunakan tes tertulis, wawancara, dan tes mengaji.

“Tujuan dari tes tertulis ini untuk melihat ilmu pengetahuan siswa baru, sementara tes wawancara melihat latar belakang anak tersebut di lingkungan keluarganya dan terakhir tes spiritualnya,” ungkapnya.

Selain itu, kata Rudi, seperti tahun sebelumnya, menindaklanjuti SK Rektor Untad Palu, bahwa beberapa peserta didik akan mendapatkan reward (beasiswa) saat mendaftarkan diri ke SMP Labschool Palu, melalui kategori yang telah ditentukan.

“Salah satunya beasiswa prestasi bagi siswa yang punya sertifikat prestasi di tingkat provinsi, baik itu akademik maupun non akademik akan bebas tes, serta bebas biaya SPP selama satu tahun. Kemudian bagi siswa yang kurang mampu, digratiskan masuk SMP Labschool Untad Palu,” jelasnya.

Kata dia, biaya pendaftaran di SMP Labschool Untad Palu tidak terlalu besar.

“Perlu diketahui, bagi siswa yang mempunyai saudara kandung di SMP Labschool, uang SPP kakaknya dipotong setengah, karena adiknya juga mendaftarkan diri bersekolah di SMP Labschool. Kakaknya tidak membayar full lagi uang SPP, disebabkan ada saudara kandungnya bersekolah di sini,” katanya.

“Jadi kami mengimbau keada masyarakat di Palu dan sekitarnya, bagi orang tua yang ingin mendapatkan kualitas pendidikan yang baik bagi anaknya, mungkin bisa menyekolahkan anaknya di SMP Labschool Untad Palu, sebab sekolah kami ini adalah salah satu sekolah favorit yang ada di Palu,” ungkapnya.

Reporter: Moh Fadel
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas