Ninik Yuliati. (Foto: Moh Fadel/ Metrosulawesi)

Palu, Metrosulawesi.id – SMP Negeri 2 Palu akan menjalankan program baru di setiap hari Jumat, selain menggelar dzikir bersama dan bersedekah, siswa juga dibiasakan membaca kultum usai pelaksanaan dzikir. Program tersebut berlaku mulai Jumat mendatang.

Demikian dikatakan Kepala SMPN 2 Palu Ninik Yuliati di ruang kerjanya, Jumat, 15 Februari 2019.

“Nantinya setiap kelas akan mengutus satu siswa untuk membacakan kultum di hadapan teman-temanya, dan siswa yang membaca kultum ini bergantian, tidak boleh siswa itu terus yang membaca kultum, sehingga mental semua siswa saat disuruh berbicara di hadapan orang banyak lebih baik, tidak gugup dan akan terbiasa,” kata Ninik.

Walaupun kata Ninik, durasi waktu pembacaan kultun itu tidak terlalu lama, yang terpenting adalah siswa berani bicara di hadapan orang banyak.

“Saya ingin Jumat mendatang program kultum ini sudah mulai. Olehnya itu saya meminta kepada guru agama mengajarkan peserta didik, minimal dari dasarnya membaca kultum, dan itu sudah harus dipersiapkan sebelum hari Jumat, agar ketika membaca kultum, dasarnya sudah diketahui oleh para siswa,” ujarnya.

Ninik mengatakan, guru agama harus berperan aktif dan mendukung siswanya dalam memaksimalkan program ini, sebab belajar kultum sangat baik. Para murid bisa rajin membaca dan menghafal ayat-ayat yang perlu disampaikan kepada teman-temannya.

“Kami berharap siswa bisa menghafal Surah Yasin, sebab sangat banyak manfaat untuk diri kita. Kemudian menghafal asmaul husna, para siswa harus mengetahui 99 nama Allah SWT,” ungkapnya.

Semua program yang dijalankan oleh SMPN 2 Palu ini, kata Ninik, bertujuan membentuk karakter siswa-siswi, sehingga saat lulus, karakter siswa sudah terbentuk dengan baik.

Reporter: Moh Fadel
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas