RAKOR - Sejumlah pejabat di lingkup OPD, Camat, Kepala desa, di Sigi melakukan rapat koordinasi terkait validasi data kerugian pascabencana. (Foto: Humas)

Sigi, Metrosulawesi.id – Pemerintah Kabupaten Sigi melaksanakan Rapat Koordinasi (Rakor) terkait validasi data kerugian pascabencana bertempat di Aula Madiniatul Ilmi, Dolo, Pemkab Sigi Kamis, 14 Februari 2019.

Bupati Sigi Irwan Lapatta, mengatakan Pemkab Sigi melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (BP3D) menyepakati melaksanakan Rapat Koordinasi validasi data kerugian.

Kata dia, rapat koordinasi ini dimaksudkan untuk mensinkronkan data yang sudah ada di tingkat kabupaten dengan data yang ada di tingkat desa, dan kecamatan, serta data hasil assessment UNDP melalui pemaparan oleh masing-masing koordinator kecamatan.

“Kegiatan rapat koordinasi ini kita rampungkan bersama disini dengan melibatkan seluruh kepala OPD, Camat, serta Kepala Desa yang wilayahnya terkena dampak bencana,” ungkapnya saat membuka Rakor tersebut.

Bupati Irwan Lapatta menambahkan bahwa sudah menjadi tanggung jawab, dan tugas pemerintah untuk menyediakan data yang valid sesuai kondisi di lapangan maupun hasil assessment.

Oleh karena itu, dia berharap agar seluruh komponen pemerintah dari tingkat desa sampai tingkat kabupaten bekerja dengan serius dan bertanggungjawab.

“Saya juga akan memerintahkan agar setelah pemaparan Rakor ini, maka setiap tim kecamatan yang telah ditentukan langsung turun ke lapangan untuk mengecek kembali data yang belum lengkap atau mengalami perubahan,” terangnya.

Menurutnya, sementara itu finalisasi jumlah kerusakan maupun korban jiwa di Kabupaten Sigi dipastikan akan menunggu hasil validasi yang dilaksanakan hari ini (Kemarin), dan Bupati berharap lagi agar pada Jumat, 15 Februari 2019 nanti data tersebut sudah dapat difinalkan.

Reporter: Firmansyah Badjoki
Editor: Syamsu Rizal

Ayo tulis komentar cerdas