Hj Farida Batjo. (Foto: Dok Metrosulawesi/ Moh Fadel)

Palu, Metrosulawesi.id – Kepala SMP Negeri 1 Palu Hj Farida Batjo mengungkapkan di tahun ajaran 2018/2019, SMPN 1 Palu akan mengembangkan beberapa program unggulan, yang salah satunya adalah peningkatan mutu sebagai sekolah rujukan.

Selain itu kata Farida, prestasi siswa di bidang akademik maupun non akademik juga perlu di tingkatkan. Demikian juga wadah perkumpulan orang tua yakni Molibu.

“Prestasi yang akan kami kembangkan yakni bidang matematika dan target meraih yang terbaik pada ajang Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia (opsi). Prioritas selanjutnya adalah mempererat persaudaraan sekolah dengan orang tua dalam suatu perkumpulan yang bernama Molibu,” kata Farida di Palu, Kamis, 14 Februari 2019.

Farida mengaku tidaklah mudah mengembangkan program-program tersebut, karena membutuhkan perjuangan ekstra.

“Mengembangkan program ini bisa mencapai 5 bulan, sejak siswa duduk di kelas 1, siswa sudah mulai di latih mengembangkan prestasi,” ujarnya.

Kata dia, pembiayaan dalam meningkatkan prestasi siswa di bayar oleh sekolah.

“Sementara fungsi dari orang tua membantu siswa dalam mengembangkan prestasi, melalui wadah Molibu yang telah dibentuk SMPN 1 Palu,” katanya.

Farida mengatakan, fungsi molibu sekolah adalah membantu pihak sekolah mengawasi peserta didik. Bisa juga bekerjasama dengan sekolah dalam mengawasi perilaku anaknya, sehingga bisa menciptakan generasi yang baik, karena karakternya sudah terbentuk.

“Bahkan Molibu SMPN 1 Palu Kelas IX dapat ikut menentukan keberhasilan akademik anak-anak, salah satunya menyiapkan makanan siswa dan guru pembinanya, serta ikut menjaga anaknya menjadi petugas piket les,” katanya.

Kata dia, antusias orang tua di SMPN 1 Palu sangat baik. Ini berkat kerjasama yang baik antara sekolah dan orang tua dalam membentuk karakter peserta didik.

Reporter: Moh Fadel
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas