PENANGKARAN - Bupati Irwan Lapatta saat meninjau lokasi yang akan dijadikan penangkaran bibit bawang merah di Desa Maku Kecamatan Dolo. (Foto: Humas)

Sigi, Metrosulawesi.id – Pemerintah Kabupaten Sigi akan segera memiliki penangkaran khusus bibit bawang merah di Desa Maku, Kecamatan Dolo Raya. Demikian diungkapkan Bupati Sigi, Mohammad Irwan Lapatta, saat melakukan peninjauan lokasi penangkaran bibit bawang merah milik Pemkab Sigi di Desa Maku, baru-baru ini.

Bupati Irwan Lapatta mengatakan, setelah melakukan penyerahan Alsintan kepada kelompok tani yang berada di Desa Sibowi Kecamatan Tanambulava lalu.

Kata dia, Pemkab Sigi melalui Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura, dan Perkebunan Sigi, fokus melakukan penangkaran bibit bawang merah di Desa Maku, dan penangkaran itu dikelola secara langsung pemerintah daerah.

“Insya Allah kita akan segera memiliki penangkaran bibit bawang merah di desa Maku ini,” ungkapnya lagi.

Pada kesempatan itu pula, bupati Sigi melengkapi penangkaran itu dengan alat mesin pertanian, misalnya alat jonder dan alat pertanian dengan inovasi baru yang dapat digunakan dalam percepatan pembuatan bedengan untuk tanaman palawija, khususnya komoditi bawang merah.

“Karena lokasi penangkaran ini akan berdekatan dengan rencana pembangunan gedung kantor BPTP Sulawesi Tengah yang baru, dan gedung BPTP lama di Biromaru kemungkinan tidak ditempati lagi,” terangnya.

Menurutnya, dengan adanya alat tersebut merupakan hasil temuan ataupun inovasi masyarakat kabupaten sigi, maka diharapkan dengan alat ini dapat lebih menghemat waktu, tenaga dan biaya dalam pengelolaan lahan pertanian di Sigi.

Reporter: Firmansyah Badjoki
Editor: Syamsu Rizal

Ayo tulis komentar cerdas