BANTUAN - Bupati Irwan Lapatta kembali mendapat bantuan kolaborasi dari lingkar temu kabupaten lestari (LTKL) berkunjung ke kabupaten Sigi. (Foto: Humas)

Sigi, Metrosulawesi.id – Beberapa kepala daerah tergabung di lingkar temu kabupaten lestari (LTKL) berkunjung ke kabupaten Sigi, Selasa, 12 Februari 2019. Diantaranya, Ketua Umum LTKL yang juga adalah Bupati Musi Banyuasin, Provinsi Sumatera Selatan, H Dodi Reza, ikut melaksanakan kunjungan ke Kabupaten Sigi, dan didampingi beberapa kepala daerah lain seperti bupati Gorontalo, Drs Yudi Ekwanto.

LTKL sendiri merupakan forum kemitraan kolaborasi pemerintah daerah untuk mendorong percepatan yuridiksi berkelanjutan yang menyeimbangkan aspek ekonomi, sosial dan lingkungan. Dengan fokus pada tata kelola lahan, baik di dalam dan antar kabupaten/kota.

Kunjungan Kabupaten Sigi ini tepatnya di Desa Bolapapu, Kecamatan Kulawi ini sekaligus untuk memberikan bantuan kepada pemerintah dan masyarakat Kabupaten Sigi, atas peristiwa yang menimpa pada 28 September 2018 lalu.

Bupati Sigi Irwan Lapatta, menyambut kunjungan ini dengan baik bersama masyarakat di dataran Kulawi Raya. Rombongan disambut dengan melaksanakan adat Popanto Dui yang merupakan adat penyambutan bagi tamu sebagai simbol diterimanya kehadiran rombongan di tanah Kulawi serta tarian khas Kulawi Rego, di gedung Serbaguna, Desa Bolapapu, Kulawi.

Bupati Irwan Lapatta mengatakan, dalam kesempatan ini rombongan LTKL memberikan bantuan berupa dana kolaborasi. Selain itu, mereka juga memberi bantuan bibit pohon kelapa, bibit kopi, dan bibit coklat.

“Kemudian kedatangan mereka juga memberikan bantuan berupa school kit bagi siswa-siswi SMP Kulawi (Karsa), Water Filter bagi masyarakat (Kopernik), serta pembangunan rumah Lobo di Desa Boladangko,” ungkapnya.

Bupati berharap agar kunjungan ini dapat menjadi semangat kolaborasi tukar pengetahuan, dan informasi dalam rangka meningkatkan pembangunan baik, di Sigi maupun di kabupaten lain sesama anggota LTKL.

Sementara itu, Ketua Umum LTKL, H Dodi Reza, menyampaikan bahwa niat untuk berbuat kebaikan dan menolong sesama tidak memandang ras, agama, golongan, dan suku.

“Untuk itulah, rombongan LTKL baik dari Musi Banyuasin maupun Gorontalo hadir di Kabupaten Sigi, guna untuk meringankan beban korban bencana gempa dan likuifaksi lalu,” terangnya.

Reporter: Firmansyah Badjoki
Editor: Syamsu Rizal

Ayo tulis komentar cerdas