Home Palu

Puluhan Ribu Siswa Terima Dana PIP

620
H Ansyar Sutiadi. (Foto: Dok Metrosulawesi)

Palu, Metrosulawesi.id – Sebanyak 28 ribu peserta didik jenjang Sekolah Dasar (SD) di Kota Palu menerima dana Program Indonesia Pintar (PIP) tahap 14 tahun ini.

Demikian dikatakan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Palu, H Ansyar Sutiadi, kepada Metrosulawesi di Palu, Senin, 11 Februari 2019.

Kata dia, data penerima PIP ini berasal dari Data Pokok Pendidikan (Dapodik) masing-masing sekolah. Penyaluran dana itu langsung dikelola oleh Kemendikbud RI.

“Sebab yang menerima langsung itu adalah siswa yang memiliki kartu PIP, yang telah diberikan oleh Kemendikbud ke sejumlah sekolah,” jelasnya.

“Tahap sebelumnya sekitar 8 ribu peserta didik telah mendapatkan dana PIP tersebut. Artinya, jika ditambah dengan siswa sebelumnya menerima PIP, berarti hampir semua siswa SD di Kota Palu menerima dana tersebut, karena jumlah peserta didik SD di Kota Palu sebanyak 37 ribu,” ungkapnya.

Ansyar mengungkapkan, nilai dana yang diberikan peserta didik berbeda-beda. Untuk siswa kelas VI SD sebesar Rp450 ribu. “Sementara untuk kelas dibawahnya, kalau tidak salah Rp225 ribu. Yang jelas nilai uangnya itu berdasarkan tingkat kelas,” jelasnya.

“Penerimaan dana PIP langsung di Bank yang telah ditetapkan yakni BRI. Peserta didik yang menerima dana tersebut akan dibantu oleh pihak sekolah dan orang tuanya mengurus pengambilan uang di Bank,” ungkapnya.

Kata Ansyar, pencairan dana PIP itu sementara dalam proses.

Sementara Staf Disdikbud Palu, Irham mengatakan tidak semua siswa menerima dana PIP tersebut, karena yang menentukan adalah pemerintah pusat.

“Penerimaan PIP ini bertahap, karena penyaluran dana ini dari tahun sebelumnya sudah ada,” katanya.

“Hanya saja penerima PIP tahun ini banyak. Sebab berdasarkan data dari tahap 1-14, peserta didik yang menerima dana PIP cukup meningkat sebanyak 30 ribu lebih. Sementara di tahun-tahun sebelumnya, penerima PIP hanya sekitar 10 ribuan saja. Meningkatnya penerima PIP ini kemungkinan disebabkan bencana yang terjadi beberapa waktu lalu,” katanya.

Irham menjelaskan, penerima dana PIP ini dibagi kedalam beberapa kategori. Kata dia, untuk siswa kelas I dan VI jika masih menjalani satu semester, hanya mendapatkan Rp225 ribu, tetapi siswa kelas II-V menerima full dana Rp450 ribu.

“Namun jika siswa itu di kelas VI telah menjalani pembelajaran dua semester, maka anak itu mendapatkan Rp450 ribu, begitupun kelas satu. Jadi dana yang diterima itu dihitung per semester, tetapi ini khusus kelas I dan VI,” ungkapnya.

Reporter: Moh Fadel
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas