Home Palu

94 Siswa SD Bersaing di Final Olimpiade

679
LOMBA OLIMPIADE - Sejumlah siswa saat mengerjakan soal ujian olimpiade yang diselenggarakan oleh SMP Al Azhar Mandiri Palu, di salah satu ruangan kelas, Ahad, 10 Februari 2019. (Foto: Moh Fadel/ Metrosulawesi)

Palu, Metrosulawesi.id – Sebanyak 94 siswa-siswi Sekolah Dasar (SD) di Kota Palu dan Kabupaten Parigi Moutong mengikuti final kejuaran Olimpiade Matematika, IPA dan Bahasa Inggris yang digelar SMP Al-Azhar Mandiri Palu, Ahad, 10 Februari 2019.

Ketua Panitia Olimpiade SD, Wayan Juniarta, mengungkapkan tujuan dari olimpiade tersebut untuk mengasah ilmu pengetahuan para siswa tingkat dasar, sekaligus menambah wawasan mereka.

“Kami ingin siswa SD dapat meningkatkan prestasi melalui wadah ini. Sebab tidak semua sekolah menyediakan perlombaan seperti ini, prestasi atau bakat yang mereka miliki kami ingin apresiasi,” ujar Wayan.

Kata dia, kegiatan ini juga sekaligus ajang silaturahmi sejumlah siswa SD dari berbagai daerah yang hadir di olimpiade tersebut.

“Dari 94 peserta yang mengikuti olimpiade SD se-Sulawesi Tengah ini, masing-masing bidang diikuti 31 peserta pada mata pelajaran Matematika, Bahasa Inggris 31 peserta sementara IPA 32 peserta,” katanya.

Wayan mengatakan tahap final olimpiade ini, modelnya sama seperti di tahap pertama dengan system rengking soal, namun yang membedakan itu adalah soal ujiannya.

“Tingkatan soal ujian olimpiade di tahap final ini seperti olimpiade di tingkat nasional pada umumnya. Sehingga diharapkan dari kegiatan ini peserta dapat memacu lagi prestasi mereka agar dapat bersaing di kanca nasional,” ujarnya.

“Tahap pertama pengisian soal menggunakan pilihan ganda, tetapi tahap final ini menggunakan pengisian soal essay,” tambahnya.

Pengumuman hasil perlombaan final dilaksanakan pada Kamis mendatang.

“Yang akan diumumkan adalah peringkat 1-10, dan hadiahnya beragam mulai dari uang tunai, voucher untuk kursus di Zona, sertifikat, piala, dan piagam,” katanya.

Wayan mengaku, olimpiade SD yang diselenggarakan oleh SMP Al-Azhar Mandiri Palu ini merupakan agenda tahunan sekolahnya.

“Jadi rutin setiap tahun kami adakan olimpiade tersebut, pelaksanaan olimpiade ini kurang lebih sudah tujuh tahun berjalan,” pungkasnya.

Reporter: Moh Fadel
Editor: Udin Salim

Ayo tulis komentar cerdas