Home Sulteng

Ruang Baca Perpustakaan Tolitoli Bising dan Busuk

289
Ilustrasi. (Foto: Ist)
  • Arsip Dokumen Penting Dikarungkan di Ruang Terbuka

Tolitoli, Metrosulawesi.id – Kepala Bagian Humas dan Protokol Sekretariat Daerah Kabupaten Tolitoli Arham A. Jacub, SH melakukan kunjungan ke Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Tolitoli Rabu pagi 6 Februari 2019.

Maksud kunjungan tersebut untuk menyampaikan keinginan publik khususnya pelajar dan mahasiswa yang mengharapkan agar perpustakaan daerah Kabupaten Tolitoli dapat menyediakan literatur serta bahan bacaan yang diperlukan. Selain itu, perpustakaan diharapkan memiliki ruang baca yang nyaman.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Tolitoli Syamsuddin Ibrahim, S.Sos yang ditemui Kabag Humas dan Protokol di ruang kerjanya mengakui bahwa ruang baca perpustakaan pada Dinas Perpustakaan dan Arsip masih sangat jauh dari kata sempurna dan layak. Sehingga, kata dia wajar apabila masyarakat enggan untuk mengunjungi perpustakaan yang tersedia.

Kondisi ini kata Syamsuddin Ibrahim disebabkan oleh suasana yang kurang nyaman di lingkungan perpustakaan sebagai akibat masih menyatunya gedung perpustakaan dengan Taman Kanak-Kanak Pertiwi dalam satu areal. Akibatnya, bising serta aroma yang kurang sedap masuk ke dalam ruangan yang ditimbulkan oleh limbah rumah tangga dari kompleks perumahan guru yang berada tepat di belakang bangunan ruang perpustakaan.

Selain itu, kata Syamsuddin, pengelolaan arsip pun juga terkendala karena tidak tersedia gudang khusus penyimpanan arsip sehingga arsip dokumen penting hanya dikarungkan dan ditempatkan di ruang terbuka.
Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip bersama Kabag Humas dan Protokol juga membicarakan kemungkinan untuk mencari bangunan Pemda yang bisa dijadikan kantor sementara bagi Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Tolitoli.

Kabag Humas dan Protokol Arham A. Jacub, SH mengatakan, keterangan yang diperoleh dari Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip ini sebagai jawaban atas keluhan masyarakat yang disesuaikan dengan kondisi riil yang dijumpai, akan dilaporkan kepada Bupati Tolitoli melalui Sekretaris Daerah dengan harapan akan ditemukan solusi yang tepat untuk mengatasi kondisi ketidaknyamanan yang ada di Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Tolitoli.

Reporter: Acco Amir
Editor: Syamsu Rizal

Ayo tulis komentar cerdas