Home Palu

Puluhan Gram Babuk Narkoba Dimusnahkan

290
Direktur Narkoba Polda Sulteng, Kombes Pol. Sigit Kusmarjodjoko, saat memasukkan babuk Sabu ke dalam panci yang berisi air mendidih, dalam kegiatan pemusnahan babuk narkoba jensi sabu, di Mapolda, Jumat 8 Februari 2019. (Foto: Eddy/ Metrosulawesi)

Palu, Metrosulawesi.id – Direktorat Reserse Narkoba (Ditresnarkoba) Polda Sulteng memusnahkan barang bukti (babuk) narkoba jenis sabu kurang lebih 92 gram hasil tangkapan dari pelaku inisial A di Jalan Anoa, Kota Palu pada 2018 lalu.

“Pemusnahan kali ini terkait dengan hasil operasi Pekat Tinombala II 2018 yang dilaksanakan Desember 2018, dengan tersangka A (41) yang ditangkap di Jalan Anoa, Kota Palu, pada 6 Desember 2018 lalu,” ungkap Direktur Narkoba Polda Sulteng, Kombes Pol. Sigit Kusmarjodjoko di Mapolda Sulteng, Jumat, 8 Februari 2019.

“Sementara barang bukti yang kita musnahkan ini dan yang kita saksikan bersama-sama kurang lebih 92 koma sekian gram dari jumlah keseluruhan kurang lebih 116 gram,” terangnya.

Berkurangnya berat barang bukti ini, kata dia, karena sebagian disisihkan untuk pemeriksaan barang bukti di laboraterium kota Makassar Sulawesi Selatan. Kata dia, pemusnahan kali ini merupakan rangkaian penyidikan yang harus dilaksanakan oleh pihaknya, yang seharusnya sudah dilakukan beberapa waktu lalu.

“Upaya ini adalah harapan kita menekan dan mengungkap kasus penyalahgunaan narkoba sampai kepada akar-akarnya, supaya barang-barangnya tidak sampai beredar dan tidak merusak generasi penerus bangsa, khususnya di wilayah Kota Palu ini,” ujarnya.

Kompol Benyamin F.L Sitio, saat memperlihatkan hasil uji sabu yang akan dimusnahkan. (Foto: Eddy/ Metrosulawesi)

Sebelum di musnahkan, babuk narkoba diuji keasliannya oleh Tim Dokes Polda Sulteng, dipimpin Dokter Kompol Benyamin F.L Sitio. Hasil uji tersebut juga disaksikan oleh undangan yang hadir, termasuk awak media.

“Hasil babuk yang akan dimusnahkan ini sudah teruji dan benar babuk ini adalah narkob jenis Sabu,” ungkap Dokter Benyamin.

Pemusnahan Babuk narkoba jenis sabu tersebut dilakukan dengan cara direbus dengan air mendidih. Jika barang bukti sabu tersebut sudah mencair, langsung di buang di kloset Wc, dengan disaksikan wartawan, dan dijaga ketat oleh personil Provost Polda Sulteng.

Pemusnahan ini disaksikan perwakilan Pengadilan, BNN Provinsi, Balai POM, tokoh agama, masyarakat dan sejumlah awak media cetak dan elektronik.

Reporter: Eddy
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas