ROMBONGAN - Bupati Sigi Irwan Lapatta memimpin rombongan saat meninjau lokasi banjir bandang di desa Bangga, Dolo Selatan. (Foto: Humas)

Sigi, Metrosulawesi.id – Bupati Sigi Mohammad Irwan Lapatta, meninjau kondisi terkini lokasi yang terdampak banjir bandang di Desa Bangga, Kecamatan Dolo Selatan, Jumat, 8 Februari 2019.

Wilayah desa Bangga untuk ketiga kalinya kembali dihantam bencana banjir bandang, sehingga rombongan Pemkab Sigi itu melakukan evakuasi dengan meninjau lokasi terkini pascabencana.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sigi, Asrul Repadjori, dan Plt Kadis pekerjaan umum dan perumahan rakyat (PUPR) Sigi Hendrik, Sekretaris Dinas Sosial dan Camat Dolo Selatan, ikut mendampingi bupati Irwan Lapatta meninjau di lokasi banjir bandang tersebut.

Bupati Sigi Irwan Lapatta mengatakan akan menyiapkan alat berat untuk menormalisasi sungai di Desa Bangga sebanyak 3 unit, dari Pemkab Sigi 1 unit dan 2 unit lagi dari Provinsi Sulawesi Tengah.

“Insya allah kami (Pemkab) segera melakukan normalisasi sungai yang menjadi penyebab terjadinya banjir bandang disini,” ungkapnya.

Selain itu, Bupati juga perintahkan kepada OPD terkait untuk segera membentuk Tim Tanggap Bencana. Sekaligus mendirikan posko tanggap bencana yang terdiri dari perwakilan Dinas PUPR, Dinsos, BPBD Sigi dan Tim Relawan Dolo Selatan di sekitar lokasi banjir Desa Bangga.

“Hal ini bertujuan untuk mempercepat proses normalisasi sungai, dan pengambilan tindakan ketika terjadi bencana susulan di sekitar lokasi terdampak banjir,” terang bupati.

Reporter: Firmansyah Badjoki
Editor: Syamsu Rizal

Ayo tulis komentar cerdas