Home Palu

Kepsek Diharap Dorong Keunggulan Sekolah

316
H Ansyar Sutiadi. (Foto: Dok Metrosulawesi)

Palu, Metrosulawesi.id – Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Palu Ansyar Sutiadi mengungkapkan pendidikan harus berujung pada mutu dan kualitas. Olehnya itu para Kepala Sekolah dan Kepala Bidang SMP diminta meningkatkan kedua aspek itu.

“Bagaimana proses belajar mengajar itu mampu memberikan nilai plus kepada murid, serta mendorong peserta didik menjadi cerdas dan berakhlak. Selain itu, diharapkan para kepsek dapat melahirkan peserta didik yang mampu bersaing, kreatif dan memiliki ilmu serta akhlak. Hal ini kita harus lakukan, dan memang butuh waktu, komitmen kita sangat dibutuhkan,” kata Ansyar di Palu, Jumat, 8 Februari 2019.

Ansyar mengatakan, tidak boleh menjadi guru yang seenaknya, hanya mengandalkan sertifikasi, hanya sekedar mengajar.

“Masuk kelas tidak ada RPP, konsep dan materi, mau jadi apa generasi saat ini,” tegasnya.

“Saya minta kepala sekolah mendorong masing-masing keunggulan di sekolahnya. Seperti di SMPN 15 Palu, karena sudah masuk sekolah rujukan dengan keunggulan seni budaya, kemudian SMPN 12 Palu unggul di Bahasa Inggris, maka ini perlu di dorong terus,” tegasnya.

Selain itu kata Ansyar, dalam waktu dekat ini pihaknya berencana mengumpulkan mentor, narasumber, instruktur untuk memberi pembelajaran tambahan di sejumlah sekolah-sekolah.

“Nanti saya mau kumpul semua peserta didik yang memiliki bakat, cerdas istimewa. Saya tempatkan satu orang di tiap wilayah. Para mentor, narasumber dan instruktur (super teacher) ini memberi pembelajaran tambahan kepada peserta didik,” katanya.

Ansyar mengungkapkan bahwa saat ini dibutuhkan inovasi, kreatifitas untuk mendorong peningkatan mutu dan kualitas pendidikan.

“Jika kita tidak bekerja dengan ekstraordinary, jangan harap kita mendapatkan wonderful,” ungkapnya.

Ansyar berharap Kabid SMP dapat berdiskusi dengan SMP Al Azhar Mandiri Palu terkait dengan pemutuan.

“Tahun ini saya berupaya bagaimana mengubah maindset, mencari cara strategi untuk mendorong peningkatan mutu. Karena saya selalu mengawasi sejumlah sekolah swasta yang berprestasi di Palu, tidak perlu jauh, yakni SMP Al Azhar dan SMP Permata Bangsa,” ujarnya.

Ansyar meminta para kepsek tidak perlu jauh-jauh ke luar daerah untuk studi banding, apalagi keluar negeri, datang saja ke sekolah yang dekat, seperti SMP Al Azhar.

“Lihat pengelolaan sekolah mereka, apa yang dilakukanya sehingga bisa meraih prestasi yang begitu banyak dan membanggakan,” katanya.

Reporter: Moh Fadel
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas