Home Donggala

RS Kabelota Disuntik Rp 4 Miliar

389
Tahun 2019 ini RS Kabelota hanya disuntik anggaran sebesar Rp 4 miliar untuk “mengobati” berbagai persoalan manajemen rumah sakit tersebut. (Foto: Tamsyir Ramli/ Metrosulawesi)
  • Direktur Bilang Hanya Cukup Bayar Utang

Donggala, Metrosulawesi.id – Tahun 2019 ini RS Kabelota disuntik anggaran sebesar Rp 4 miliar untuk “mengobati” berbagai persoalan manajemen rumah sakit tersebut. Dana Rp 4 miliar itu diharapkan bisa memajukan RS Kabelota dan menghilangkan image sebagai rumah sakit spesialis merujuk.

Plt Direktur RS kabelota Dr Syahriar yang dikonfimrasi Senin (4/2) membenarkan bahwa dana untuk RS Kabelota Rp 4 miliar. Tapi kata Syahriar awalnya dana yang diusulkan untuk tahun 2019 Rp 9,4 miliar, tapi di tengah jalan besaran dana tersebut turun menjadi Rp 4 miliar.

“Kami juga kurang paham terjadi penurunan drastis penganggaran yang diberikan. Jika mengikuti proses pembahasan anggaran sebelumnya kami ditekan persoalan output dari RS. Padahal logikanya mau meningkatkan output jangan juga dilupakan inputnya bagaimana bidan, perawat, dan para dokter mau bekerja maksimal jika inputnya atau incomenya mereka tidak diperhatikan,” kata Syahriar.

“Dana 4 M sudah kami kalkulasi selama satu tahun berjalan pasti akan ada pembayaran tidak samapai bulan Desember 2019 alias ada dana yang menggantung tidak bisa terbayarkan. Contoh dana 4 M ini akan diplot membayar hutang listrik tahun 2018, dokter spesial yang dari luar sebelum honor mereka Rp 18 juta, kebutuhan obat-obatan, makan minum pasien, kasarnya mungkin dana 4 miliar efektinya hanya pakai bayar hutang,” tukasnya.

Tapi lanjutnya di tahun 2019 ini Syahriar optimis kekurangan dana 4 miliar tersebut akan ditutupinya dengan jalan meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD) Rumah Sakit Kebelota dengan mengubah manajemen rumah sakit.

“Jika tahun 2018 PAD Kabelota hanya 6 M, tahun ini kami target 10,5 M dengan memperbaiki seluruh layanan termasuk tenaga dokter spesialis agar RS sakit ini ramai dikunjungi untuk melakukan pengobtan sehingga pendapatan meningkat serta image RS Kabelota sebagai spesialis RS Rujukan bisa hilang dengan sendirinya. Tak kalah pentingnya juga kami sampaikan jika tahun sebelumnya persoalan gaji pegawai sering berpolemik karena ada ungkapan tidak terbayarkan dan lain sebagainya, mensiasati hal itu kami RS kabelota akan bekerjasama dengan salah satu bank untuk melakukan proses pembayaran gaji, agar mudah diawasi transparan akuntabel dan tidak ada saling mencurigai,” tuturnya.

Reporter: Tamsyir Ramli
Editor: Syamsu Rizal

Ayo tulis komentar cerdas